Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Penuh Penumpang Tabrakan dengan Truk, 36 Orang Tewas

Kompas.com - 29/09/2019, 22:36 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

YIXING, KOMPAS.com - Sedikitnya 36 orang tewas dan 36 lainnya cedera, setelah sebuah bus yang penuh dengan penumpang terlibat kecelakaan dengan truk di China, Sabtu (28/9/2019) pagi.

Bus nahas tersebut membawa 69 penumpang, yang merupakan kapasitas maksimumnya.

Bus bertabrakan dengan truk barang saat keluar jalur dan masuk ke jalur yang berlawanan arah di jalan tol di provinsi Jiangsu, menurut biro keamanan publik kota Yixing.

"Penyelidikan awal menunjukkan bahwa kecelakaan terjadi akibat ban kempes di roda depan kiri bus," kata biro tersebut dalam pernyataannya, Minggu (29/9/2019).

Baca juga: Puluhan Bus Transjakarta Terbakar di Pondok Cabe

Mengutip AFP, sebanyak sembilan orang korban mengalami luka parah, sementara 26 lainnya luka ringan dan satu korban luka telah diizinkan pulang.

Kecelakaan tersebut sempat membuat lalu lintas macet dan jalan tol yang menghubungkan Changchun dengan Shenzhen itu sempat ditutup.

Jalan tol kembali dibukan delapan jam setelah kecelakaan, setelah operasi penyelamatan dan evakuasi korban selesai.

Kecelakaan lalu lintas yang mematikan dengan jumlah korban tewas tinggi sering terjadi di China, di mana peraturan lalu lintas kerap dilanggar dan tanpa penindakan keras.

Baca juga: Halangi Bus yang Melawan Arus, Pengendara Motor di India Ini Jadi Viral

Menurut catatan pihak berwenang, sebanyak 58.000 orang telah tewas dalam kecelakaan lalu lintas di seluruh penjuru China pada 2015, angka terkini yang tersedia.

Pelanggaran peraturan lalu lintas disebut menjadi penyebab untuk hampir 90 persen jumlah kecelakaan yang menyebabkan kematian maupun korban cedera pada tahun itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com