Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/09/2019, 20:38 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

HUAMBO, KOMPAS.com - Pangeran Harry mengikuti jejak sang ibu, Putri Diana, yang berjalan di ladang ranjau yang telah dibersihkan di Angola.

Menggunakan visor pelindung dan rompi anti-peluru warna biru, Pangeran Harry hampir menyerupai Putri Diana pada 1997 silam di tempat yang sama, dekat Huambo.

Putri Diana menjadi perhatian dunia setelah dia berjalan di ladang ranjau yang dipasang ketika konflik sipil pecah di Angola, dan berakhir 2002.

Baca juga: Pangeran Harry dan Meghan Bawa Putra Mereka dalam Tur Resmi Keluarga ke Afrika Selatan

Dilansir AFP Jumat (27/9/2019), beberapa bulan kemudian sang ibu meninggal dalam kecelakaan mobil di Paris, Perancis, saat Pangeran Harry berusia 12 tahun.

"Ladang ranjau merupakan luka dari perang yang sulit sembuh," ucapnya dari kawasan taman nasional dekat dengan Dirico, di mana dia meledakkan ranjau dari jauh.

"Dengan membersihkan tempat ini, maka kita akan membantu masyarakat meraih perdamaian. Dari perdamaian, muncullah kesempatan," jelasnya.

Suami dari Meghan Markle itu juga meminta warga Angola melindungi "hutan liar unik" yang membentang 1.000 kilometer dari Huambo.

"Sungai dan kehidupan liar di sini adalah aset alami Anda. Bakal memberi kalian kesempatan tak terbatas berdasarkan ekonomi berbasis konservasi," katanya.

Duke of Sussex itu kemudian akan bertolak ke Huambo di mana dia berkunjung rumah sakit ortopaedi, dan lokasi di mana foto ikonik Putri Diana tercipta.

Lebih dari 1.600 orang terluka oleh ladang ranjau di Angola ketika perang saudara pecah pada 1975 hingga 2015 menurut Halo Trust.

Kebanyakan korban tercatat antara 2002 sampai 2003, ketika penduduk kembali ke rumah mereka begitu deklarasi damai berkumandang.

Saat itu, Putri Diana mengatakan jika ada pelarangan terhadap ranjau, maka dunia bakal menjadi tempat yang aman bagi generasi mendatang.

Sebelumnya, Pangeran Harry sempat mengunjungi Angola pada 2013 untuk melihat pembersihan ladang ranjau yang dilakukan Halo Trust, organisasi yang dibentuk ibunya.

Pangeran Harry yang merupakan putra kedua Putri Diana berada di Afrika selama 10 hari ditemani Meghan dan putra mereka, Archie.

Meghan dan Archie masih berada di Afrika Selatan ketika Pangeran Harry melakukan kunjungan proyek pencegahan HIV dan konservasi.

Keluarga itu bakal kembali bersama di Johannesburg pekan depan, dan melakukan kunjungan sebelum pulang pada 2 Oktober mendatang.

Baca juga: Hari ini dalam Sejarah: Pemakaman Putri Diana yang Menyedot Perhatian Dunia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com