Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Buang Air Besar di Jalan, 2 Bocah di India Disiksa hingga Tewas

Kompas.com - 26/09/2019, 17:29 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

NEW DELHI, KOMPAS.com - Dua bocah dari kasta terendah di India dilaporkan disiksa hingga tewas setelah diketahui buang air besar di jalan.

Dua anak dari kasta Dalit itu awalnya sedang dalam perjalanan mengunjungi rumah kakeknya di distrik Shivpuri, Negara Bagian Madhsya Pradesh.

"Mereka berjalan pada pagi buta ketika panggilan alam memanggil, dan mereka harus buang air besar di jalan," terang Inspektur Jenderal Polisi, Raja Babu Singh.

Baca juga: Pencuri Buang Air Besar di Atap Toko Bangunan agar Tak Ketahuan

Diberitakan AFP Kamis (26/9/2019), saat menunaikan buang hajat itulah, mereka tiba-tiba diserang dan disiksa oleh orang tak dikenal.

"Bocah itu segera dibawa ke rumah sakit. Namun, mereka kemudian tewas akibat luka-lukanya saat menerima perawatan," ucap Singh.

Polisi bergerak cepat dengan menangkap kakak beradik yang diduga sebagai pelaku serangan. Satu di antaranya disebut punya "gangguan mental".

Kabar insiden tragis itu terjadi di tengah rencana Perdana Menteri India Narendra Modi untuk membuat kebijakan bebas buang air besar di jalan.

Pada Rabu (25/9/2019), Modi mendeklarasikan kebijakan itu bertepatan dengan 150 tahun hari kelahiran pejuang kemerdekaan Mahatma Gandhi.

Modi yang tengah menjabat di periode kedua, meluncurkan Misi India Bersih pada 2014, menjanjikan toilet seantero negara pada 2019 ini.

Pemerintahannya mengklaim sudah membangun 100 juta toilet di kawasan pedesaan, lokasi utama isu sanitasi di negara berpenduduk 1,3 miliar itu.

Kampanye bernilai multi miliaran dollar AS itu menggabungkan peningkatan kesadaran, subsidi membuat jamban, dan mempermalukan orang yang masih BAB di tempat terbuka.

Kritik yang berhembus menyatakan, kurangnya air maupun perawatan, serta lamanya waktu mengubah perilaku masyarakat jadi tantangan program itu.

Pada 2017, seorang pria tewas dihajar setelah dia mencegah aparat untuk memotret perempuan yang kepergok buang air besar di jalan.

Sebuah jaringan berita meminta kepada pemirsa untuk mengirim video atau foto orang tengah BAB supaya mereka bisa dipermalukan.

Ayah dari bocah yang disiksa itu menuturkan, mereka berada dalam situasi sulit karena menerima siksaan dari kasta yang lebih tinggi.

Kepada Press Trust of India, Manoj Balmiki mengatakan, mereka tidak punya toilet di rumah sehingga dua anak itu harus buang hajat di luar.

"Pelaku melihat mereka dan berteriak. Kemudian kedua bocah itu dipukul dengan tongkat saat buang air besar, dan tewas seketika," ujar Balmiki.

Baca juga: Bertahun-tahun Disiksa Orangtua, Bocah 8 Tahun di Ukraina Bunuh Diri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com