Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uni Emirat Arab Bakal Resmi Punya Sinagoge pada 2022

Kompas.com - 24/09/2019, 23:22 WIB
Agni Vidya Perdana

Editor

ABU DHABI, KOMPAS.com - Sebuah kompleks multiagama dengan rumah ibadah berbagai agama saat ini tengah dibangun di Abu Dhabi.

Di kompleks tersebut juga tengah dibangun sinagoge resmi pertama di Uni Emirat Arab, yang rencananya akan selesai pada tahun 2022, menurut organisasi yang menangani proyek ini.

Selain sinagoge, yang merupakan rumah ibadah umat Yahudi, juga akan ada gereja dan masjid yang dibangun dan menjadi bagian dari Rumah Keluarga Agama Abraham, nama kompleks multiagama di Abu Dhabi itu.

Baca juga: Masjid Terbakar, Warga Yahudi Pinjamkan Sinagoga untuk Umat Islam

Niatan untuk membangun kompleks ini telah diumumkan pada Februari lalu, ketika Paus Fransiskus bertemu dengan Imam Besar Al-Azhar, Sheikh Ahmed el-Tayeb, dalam kunjungannya ke UEA. Ini adalah kunjungan pertama Paus ke Semenanjung Arab.

"Gereja, masjid, dan sinagoge akan berbagi ruang kolektif untuk pertama kalinya," ujar komite yang mengawasi pembangunan kompleks dalam sebuah pernyataan.

"Kompleks itu akan melayani komunitas untuk dialog antaragama, memelihara nilai-nilai hidup berdampingan secara damai dan menerima adanya berbagai kepercayaan, kebangsaan dan kebudayaan," lanjut pernyataan itu.

Umat Muslim di UEA berusaha menghadirkan citra negara itu sebagai negara toleran yang mendukung kebebasan beragama dan keanekaragaman budaya.

Baca juga: Masjid di New York Rusak, Pemeluk Yahudi Tawarkan Muslim Beribadah di Sinagoge

Namun, pemerintah masih sulit menerima perbedaan pendapat dan telah banyak dikritik oleh kelompok-kelompok hak asasi manusia karena memenjarakan aktivis.

Sinagoge ini akan menjadi rumah ibadah Yahudi resmi yang pertama di UEA. Selama ini sejumlah kecil komunitas ekspatriat Yahudi mendatangi sebuah rumah untuk beribadat secara pribadi.

UEA tidak memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Israel, tetapi politisi Israel baru-baru ini menghadiri sejumlah acara di negara itu.

Kunjungan tersebut sebagai bagian dari pembukaan hubungan diplomatik secara tidak resmi antara negara Yahudi itu dan beberapa negara Arab.

Uni Emirat Arab telah secara resmi membangun tempat ibadah bagi agama lain seperti gereja, kuil-kuil Hindu, dan Gurdwara bagi penganut Sikh.

Baca juga: Penembakan Sinagoge di AS: Paus Fransiskus Minta Semua Padamkan Api Kebencian

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com