Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditolak Rumah Sakit, Seorang Ibu Terpaksa Melahirkan di Bak Mandi Rumahnya

Kompas.com - 20/09/2019, 22:19 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

PORTSMOUTH, KOMPAS.com - Seorang wanita asal Virginia, AS, ini terpaksa melahirkan anak pertamanya di dalam bak mandi di rumahnya, setelah pihak rumah sakit menolaknya.

Dilansir New York Post, pada Kamis (19/9/2019), LeeAnn Bienaime (27), segera pergi ke Pusat Medis Kelautan Portsmouth, setelah dia mengalami kontraksi intens dan merasa akan segera melahirkan.

Awalnya, LeeAnn tidak mengira bahwa dirinya akan ditolak oleh pihak rumah sakit, setelah dia dianggap belum akan melahirkan.

Hal itu dikarenakan LeeAnn baru mengalami bukaan selebar dua sentimeter, sedangkan pihak rumah sakit baru akan menerima dan menjalankan prosedur kelahiran jika ibu itu telah mengalami bukaan lima sentimeter.

Baca juga: Si Istri yang Berusia 73 Tahun Melahirkan Bayi Kembar, Pria Ini Kena Serangan Jantung

Akhirnya, LeeAnn yang ditemani suaminya Leo Bienaime (29), segera kembali ke rumah mereka, di mana beberapa jam kemudian dia benar-benar melahirkan.

LeeAnn memutuskan untuk melahirkan di dalam bak mandi yang telah diisi penuh dengan air. Tak lama setelahnya bayi laki-laki yang kemudian mereka beri nama Joachim lahir ke dunia.

"Dia (bayi) meluncur keluar. Saya menangkap dan segera membalik badannya. Saya memakaikan handuk dan memberikannya kepada istri saya," kata Leo kepada ABC.

Baca juga: Perempuan Ini Melahirkan Bayi Kembar 4 Secara Normal

Setelah menceritakan hal yang baru saja dialaminya kepada keluarganya, LeeAnn mengatakan, mereka semua berkata bahwa dirinya seharusnya tidak langsung pulang saat pihak rumah sakit menolaknya.

"Semua orang yang saya beri tahu mengatakan kepada saya bahwa saya seharusnya tidak diminta pulang. Kalau diingat lagi, saya akan bertahan di sana dan tidak ke mana-mana," kata LeeAnn.

Perjalanan dari rumahnya menuju rumah sakit memakan waktu 25 menit dan dia akan memilih bertahan di rumah sakit seandainya tahu bahwa dirinya akan melalui drama seperti yang dilaluinya hari itu.

Baca juga: Penjelasan Ilmiah Mengapa Rambut Rontok Setelah Melahirkan

"Jika saya bisa mengulangnya, saya hanya akan duduk di ruang tunggu dan tidak ke mana-mana. Mungkin akan mendirikan tenda dan menyalakan api. Kami akan langsung berkemah," ujar Leo kepada WTKR.

LeeAnn mengatakan bahwa pihak rumah sakit telah menyampaikan permohonan maaf atas insiden yang terjadi.

Sementara, juru bicara Pusat Medis Kelautan Portsmouth mengatakan kepada WTKR bahwa mereka tidak bisa memberi komentar atas kasus ini karena aturan kerahasiaan pasien.

Baca juga: Ibu Ini Ikut Ujian Sekolah 30 Menit Setelah Melahirkan

Namun dia menekankan bahwa pihak rumah sakit "berkomitmen untuk memastikan keselamatan setiap pasien dan memberikan perawatan dengan kualitas terbaik".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com