Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Jon Bon Jovi yang Beri Makan Kaum Papa Melalui Restoran "Soul Kitchen"

Kompas.com - 20/09/2019, 20:48 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Baru-baru ini, sebuah akun Instagram bernama I Love Natural Medicine memperlihatkan foto Jon Bon Jovi berada di dapur.

Vokalis band rock Bon Jovi itu tengah mempersiapkan hidangan dengan lap tergantung di pundaknya. Foto itu disertai keterangan dia membuka restoran bagi orang yang membutuhkan.

Narasi yang ada dalam unggahan Instagram itu memaparkan Jon Bon Jovi adalah soerang filantropi yang ingin melayani kaum papa atau mengatasi kelangkaan makanan.

Baca juga: Kisah Kortinus: Mantan Juru Parkir yang Jadi Pengusaha Sukses, Setiap Hari Bantu Kaum Papa...

Disebutkan bersama istrinya, Dorothea, penyanyi bernama asli John Francis Bongiovi itu mendirikan restoran yang dia bernama Jon Bon Jovi Soul Kitchen.

Dikutip Billboard pada Mei 2016, Jon dan Dorothea membuka restoran "Jon Bon Jovi Soul Kitchen" di Red Bank, New Jersey, pada 2011 silam.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Jon Bon Jovi wants to help ‘one soul at a time’ and through his non-profit organization Jon Bon Jovi Soul Foundation, he has tackled problems like homelessness and food scarcity. ???? Despite making a name through music, the 57-year-old singer and songwriter is also an active philanthropist who believes that giving back to the community is pivotal. ???? For most celebrities of his rank who reduce their charity work to photo ops and promotions, the singer is doing his best to help those in need. ???? Together with his wife Dorothea Hurley, they’ve opened up 2 community restaurants to help deal with food insecurity and give the opportunity to those who don’t have sufficient resources to get a free meal. ???? ???? ???? Follow ???????????? ???? @naturalmedicinesecrets @naturalmedicinesecrets ???? ???? ???? #jonbonjovi #community #freefood #foundation #homeless #philanthropist #mindset #selfimprovement #source #goodvibes #positivity #humanity #charity #positivevibes #behappy #love #spiritual #universe #balance #harmony #mindfulness #consciousness #gratitude #awakening #vibratehigher #awareness #motivation #affirmation #guidance #abundance

A post shared by I Love Natural Medicine (@ilovenaturalmedicine) on Sep 19, 2019 at 3:36pm PDT

Kemudian pada Mei 2016, Jon mengumumkan pembukaan gerai keduanya juga di New Jersey, tepatnya di Tom Rivers, yang menawarkan konsep baru.

Restoran itu menawarkan konsep di mana para pengunjung bisa makan makanan bergizi namun tidak dipusingkan dengan daftar harga di menu.

"Misi kami adalah menghasilkan hal positif dan fokus terhadap isu kelaparan serta gelandangan," kata pelantun tembang Always dan Bed of Roses itu kepada para tamu.

Kaum papa yang datang ke restoran itu cukup membayar dengan cara menjadi relawan. Sedangkan mereka yang mempunyai uang dipatok minimal 20 dollar AS.

Jon menjelaskan, dengan mematok minimal 20 dollar, maka para pengunjung yang berkecukupan membayar makanan mereka dan juga kaum membutuhkan.

"Kami mengembangkan misi kami dengan jaringan mitra dan sumber daya untuk mencukupi kebutuhan kaum papa di Tom Rivers," ujar Jon Bon Jovi.

Salah satu relawan di Soul Kitchen mengungkapkan dia pernah kehilangan pekerjaan sebagai konsultan akibat resesi yang terjadi di AS 2008 silam.

Sempat mengutuki diri, si relawan yang kisahnya dibagikan di situs resmi jbjsoulkitchen.org menuturkan bagaimana dia bangkit setelah mendengar lagu The Beatles, Blackbird.

Sejak saat itu, dia kemudian mengikuti pelatihan bisnis dan mencoba membuka perusahaan pelatihan kerja yang bernama Blackbird beberapa bulan kemudian.

Baca juga: Rolling Charity, Komunitas Sedekah Bergulir untuk Kaum Papa di Kediri

Hingga, datang tawaran dari restoran JBJ Soul Kitchen. Dia kemudian membantu para relawan lainnya yang kesulitan mendapatkan pekerjaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com