Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besarkan Cucu, Nenek Ini Minta Anak dan Menantunya Membayar

Kompas.com - 19/09/2019, 18:38 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Asia One

BEIJING, KOMPAS.com - Seorang nenek di China dilaporkan menggugat anak dan menantu supaya membayar biaya yang dia habiskan untuk membesarkan si cucu.

Nenek bermarga Wang itu awalnya menuntut putra dan menantu perempuannya untuk membayar 140.000 yuan, sekitar Rp 277 juta, pada April lalu.

Baca juga: Kapolda Rekomendasikan Polisi yang Bantu Nenek Gendong Jenazah Cucu untuk Lanjutkan Pendidikan SAG

Diberitakan Asia One Kamis (19/9/2019), jumlah itu merupakan ganti rugi setelah dia membesarkan sang cucu yang kini berumur sembilan tahun.

Namun berdasarkan laporan media China, hakim memerintahkan keduanya membayar si nenek setengahnya, atau 70.000 yuan, sekitar Rp 138,8 juta.

Wang menuturkan, dia memutuskan untuk membesarkan cucunya sejak dia berusia satu tahun, dan membayar biaya mulai dari uang sekolah hingga obat-obatan.

Niat Wang mulia. Dia hanya ingin membawa kebahagiaan bagi keluarga itu. Namun putra Wang dan istrinya memutuskan bercerai pada April lalu.

Sang nenek yang sangat kecewa memutuskan menggugat keduanya di pengadilan demi mendapatkan uang untuk memastikan masa depan cucunya.

Hakim yang menyidangkan kasus itu pada Selasa (17/9/2019) mengatakan meski umum nenek atau kakek mengasuh cucunya saat orangtua bekerja, mereka tetap harus menanggung biaya anak mereka.

Menantu Wang yang tidak disebutkan identitasnya itu menuturkan, dia bersedia untuk membayar seperti yang diminta asal dia bisa bercerai.

Kisah Wang kemudian menjadi viral di mana netizen China terbelah antara yang mendukung dan menyayangkan keputusan si nenek membawa ke ranah hukum.

"Bahkan menyewa pengasuh itu tidak murah. Permintaan dari nenek ini termasuk masuk akal menurut saya," ujar salah satu netizen di media sosial.

Di sisi lain, ada warganet yang menyarankan supaya Wang tidak terlalu perhitungan. Apalagi banyak kasus di mana anak sering ditekan untuk memberikan cucu.

Ada juga netizen yang mempertanyakan motivasi Wang ketika memperkarakan putra dan menantunya. Mereka menduga gugatan itu karena perceraian.

Pada Juli lalu, seorang nenek mendapatkan 100.000 yuan, atau Rp 198,3 juta, setelah menggugat anak dan menantunya untuk membayar biaya yang dia keluarkan untuk membesarkan cucunya.

Baca juga: Kapolda Akan Beri Penghargan Polisi yang Antar Nenek dan Jenazah Bayi di Cilincing

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Asia One
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com