Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuci Kotak Makan Pakai Deterjen Baju, Kepala Sekolah di China Dipecat

Kompas.com - 19/09/2019, 17:47 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

ZHUANGHE, KOMPAS.com - Kepala sekolah di kawasan timur laut China dipecat buntut viral pegawai kantin yang mencuci kotak makan menggunakan deterjen baju.

Skandal itu menyeruak setelah video pegawai kantin mencuci kotak makan SD Dongfeng di Zhuanghe, Provinsi Liaoning, viral di media sosial setempat.

Baca juga: Selain Deterjen, Limbah Domestik Rumah Tangga Turut Cemari Kali Sentiong

Video itu menunjukkan staf menggunakan apron dan baju putih mencuci piring serta mangkuk di baskom berisi deterjen baju. Tak dijelaskan kapan persisnya insiden ini terjadi.

Dilansir SCMP Rabu (18/9/2019), pemerintah setempat menyatakan bahwa si kepala sekolah dipecat, dengan pejabat ditunjuk menggantikannya.

Kemudian dalam keterangan resmi yang dirilis Selasa (17/9/2019), penyelidikan yang ditangani departemen terkait bakal dimulai secepatnya.

Dinas regulasi pasar juga diperintahkan memeriksa sampel makanan kotak makan, dan produk deterjen, dengan hasilnya bakal diumumkan ke publik.

Hingga hasil penyelidikan selesai, makan siang di sekolah yang menampung sekitar 400 murid itu bakal menjadi tanggung jawab dinas pendidikan lokal.

Sebagai langkah pencegahan, pemerintah Zhuanghe menginstruksikan agar dilakukan pemeriksaan di seluruh sekolah mulai SD hingga SMA.

Ini bukan kali pertama China mengalami skandal berkaitan dengan keamanan makanan yang melibatkan murid-murid di sekolah dalam berbagai jenjang.

Oktober 2018, kepala sekolah internasional di Shanghai dipecat setelah orangtua murid yang melakukan sidak menemukan tomat dan bawang berjamur.

Insiden yang sama memaksa orangtua murid sebuah sekolah di Chengdu, Provinsi Sichuan, melakukan unjuk rasa di depan sekolah dan gedung pemerintah Maret lalu.

Baca juga: Prihatin Kabut Asap, Kepala Sekolah Bacakan Puisi di Rakor Karhutla Riau

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com