Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lap Muka Murid yang Pakai Makeup di Depan Sekolah, Guru Ini Jadi Sorotan

Kompas.com - 14/09/2019, 22:10 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Asia One

BEIJING, KOMPAS.com - Seorang guru di selatan menjadi sorotan setelah mengelap muka setiap murid putri yang memakai makeup di depan gerbang sekolah.

Guru sebuah SMP di Provinsi Guizhou mengelap muka para siswi ketika semester baru dimulai menggunakan handuk yang sebelumnya dicelupkan ke air.

"Seorang murid haruslah berpenampilan yang pantas sebagai murid," kata guru itu sembari membersihkan makeup, dilaporkan Jiangsu Television via SCMP.

Baca juga: Pengedar Ini Pakai Kotak Makeup untuk Bawa Sabu

Sekolah itu sengaja tidak disebutkan demi melindungi identitas para murid yang masih remaja. Staf sekolah ada yang mencegah siswi itu menutupi muka.

Kepada awak media setempat, juru bicara sekolah mengatakan bahwa 80 persen dari siswi itu merupakan anak yang dari keluarga bermasalah.

"Karena ketidakhadiran orangtua yang membimbing mereka atau kurangnya pendidikan, mereka mungkin beralih kepada gaya hidup yang ekstrem," ujarnya.

Juru bicara itu melanjutkan, para murid tertarik setelah melihat ada satu temannya yang mengenakan makeup, dan menyebutnya fenomena serius di sekolah.

Sekolah mengakui, cara yang mereka lakukan, yakni memaksa mengelap makeup siswa dengan handuk "tidak pantas". Namun berdalih hanya itu kebijakan untuk menunjukkan "tanggung jawab" mereka.

Dalam pemberitaan Jiangsu Television, sekolah sebenarnya sudah melarang para siswi untuk mengenakan riasan mencolok. Namun mereka sering mengabaikannya.

Setelah insiden yang terjadi pada pekan ini tersebut, sekolah mengaklaim sedikit dari para murid yang mengenakan makeup ketika di sekolah.

Insiden pun menjadi perdebatan di Weibo, di mana ada satu netizen yang menyebut cara guru tidak higienis dan cenderung melecehkan perempuan.

"Apa yang guru itu lakukan sudah merendahkan martabat siswanya. Seharusnya sekolah mempertimbangkan apa yang mereka lakukan apakah sudah baik," kecam warganet lainnya.

Salah satu jurnalis kemudian bersimpati dengan mengatakan bahwa sekolah tidak salah dalam melarang murid. Sebab makeup bisa merusak kulit murid yang masih muda.

Baca juga: Detik-detik Guru Selamatkan Diri dari Hantaman Kereta Saat Mobilnya Mogok di Rel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Asia One


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com