Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usir Mabuk dan Zina, Pendeta Rusia Jatuhkan Air Suci ke Kota

Kompas.com - 14/09/2019, 09:30 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Seorang pendeta Ortodox di Region Tsver Oblast, Rusia, dilaporkan punya cara unik dalam mengusir zina dan mabuk dari kota mereka.

Pendeta itu menaiki pesawat, dan kemudian menjatuhkan sejumlah besar air suci ke seluruh bagian kota Tsver, dilaporkan Oddity Central Jumat (13/9/2019).

Baca juga: Usir Setan di Kota Kolombia, Uskup Ini Berniat Jatuhkan Air Suci Pakai Helikopter

Bersama dua anggota dari Gereja Ortodox Rusia, Pendeta Alexander Goryachev melakukan ritual pemberkatan di udara pada Rabu pekan lalu (4/9/2019).

Mereka menaiki pesawat kecil dan mengudara bersama 70 liter air suci dan dua gambar. Satu adalah “Inexhaustible Chalice" yang dipercaya bisa menyembuhkan kecanduan alkohol atau narkoba.

Kemudian satu lagi adalah gambar Yohanes Pembaptis. Pasangan yang mengaku si suami sembuh dari mabuk dan kecanduan alkohol termasuk dalam rombongan.

Setelah lepas landas dari bandara dekat Tsver, Pendeta Goryachev melepas sabuk pengaman, membuka pintu pesawat, dan berdoa sebelum menjatuhkan air suci.

Tidak dijelaskan mengapa mereka membawa 70 liter air. Namun diyakini perbuatan itu dilakukan berkaitan dengan kesakralan angka tujuh di agama Kristiani.

"Setiap penyakit berasal dari virus. Adapun virus itu merupakan Iblis. Jadi setiap penyakit fisik juga menjadi penyakit spiritual," kata Goryachev.

Kepada lokal, Goryachev yakin jika mungkin ada orang yang tidak menganggap serius perbuatannya. "Biarkan saja mereka tertawa, dan kami akan melakukan tugas kami," ujarnya.

Menjatuhkan air suci dari udara merupakan peristiwa kedua yang dilakukan seorang pendeta dalam tiga bulan terakhir. Kejadian pertama berlangsung di Kolombia.

Juni lalu, dilaporkan seorang uskup Kolombia berniat untuk menjatuhkan air suci ke sebuah kota demi mengusir setan yang menjadi penyebab tingginya angka kejahatan.

Baca juga: Bule Basuh Pantat Pakai Air Suci Bali, Psikolog Nilai Tak Masalah Mereka Dipulangkan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com