Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terungkap, Inilah Identitas Kerangka Bergandengan Tangan yang Dijuluki "Kekasih Modena"

Kompas.com - 13/09/2019, 09:50 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MODENA, KOMPAS.com - Peneliti mengungkapkan, identitas dua kerangka yang ditemukan bergandengan tangan dan dijuluki "Kekasih Modena" sebenarnya merupakan pria.

Kerangka itu, yang diperkirakan berasal dari antara abad keempat hingga keenam, ditemukan di pemakaman pada 2009 di Modena, kota di kawasan utara Italia.

Baca juga: Cerita di Balik Kasus Kerangka Manusia di Banyumas, Misem Dengar Suara Teriakan hingga Akan Dibunuh

Dua kerangka itu awalnya dikira sebagai pria dan perempuan, hingga peneliti Universitas Bologna mengembangkan teknik baru untuk menentukan gender.

Diberitakan Sky News dan The Guardian Kamis (12/9/2019), tim ilmuwan menggunakan teknik menganalisa protein yang tertinggal dalam enamel gigi mereka.

Dalam laporan yang dipublikasikan di jurnal Nature, saat ditemukan, sulit mengetahui jenis kelaminnya dikarenakan bentuk kerangka yang cukup buruk.

"Cara keduanya dimakamkan mewakili ekspresi di antara dua individu, dan bukanlah praktik pemakaman yang umum pada saat itu," demikian penjelasan peneliti.

Mereka ditemukan di pemakaman Ciro Menotti di Modena bersama 11 kerangka lainnya. di mana beberapa menunjukkan luka yang diakibatkan terjadinya perang.

Peneliti yakin, "Kekasih Modena" merupakan rekan perang, atau mungkin sahabat, yang terbunuh ketika konflik terjadi, dan dikuburkan di liang lahat yang sama.

Penemuan dua tulang-belulang yang bergandengan tangan, atau bahkan berpelukan, bukanlah hal baru. Antara lain "Kekasih Valdaro" di Provinsi Mantua yang berusia 6.000 tahun.

Selain itu terhadap kasus serupa yang terjadi di Yunani, Turki, Romania, hingga Siberia. Tapi, pakar menegaskan yang ditemukan adalah pasangan pria dan perempuan.

Karena itu, penulis utama sekaligus peneliti di Universitas Bologna Federico Lugli kepada Rai News berkata, penemuan yang terjadi di Modena begitu unik.

"Bentuk hubungan yang terjadi di antara dua kerangka yang dikuburkan bersama di Modena tentunya masih menjadi misteri sampai saat ini," terang Lugli.

Peneliti menambahkan meski tidak menutup kemungkinan keduanya kekasih, mereka menyebut kecil kemungkinan mereka dikubur bersama karena sikap terhadap homoseksual pada masa itu.

Baca juga: Empat Kerangka Korban Pembunuhan di Banyumas Diserahkan kepada Keluarga

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com