Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER INTERNASIONAL] Celotehan BJ Habibie soal Singapura | Sopir Tesla Tertidur Saat Melaju 90 Km Per Jam

Kompas.com - 13/09/2019, 07:29 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Wafatnya presiden ketiga Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie, atau BJ Habibie, direspons dengan penghormatan terakhir dari sejumlah pemimpin negara.

Di antaranya adalah Singapura. Negara tetangga itu mempunyai kesan mendalam kepada BJ Habibie. Terlebih dengan celotehan yang dijadikan simbol kebanggaan.

Kemudian dari Amerika Serikat (AS), seorang pengemudi Tesla terlihat tertidur ketika mobil melaju dengan kecepatan hingga 90 kilometer per jam.

Kedua artikel itu masuk ke dalam kabar populer internasional yang terjadi sepanjang Kamis (12/9/2019) hingga Jumat pagi (13/9/2019).

1. BJ Habibie dan Celotehan Titik Merah Kecil yang Malah Bikin Singapura Bangga
Mantan Presiden RI Bacharuddin Jusuf Habibie atau dikenal sebagai BJ Habibie meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto pada Rabu (11/9/2019) petang.

Di dunia internasional, sosok BJ Habibie dikenal karena karyanya di bidang kedirgantaraan, termasuk di antaranya adalah mengembangkan pesawat Airbus A-300B.

Meski menjabat singkat, yakni selama setahun, BJ Habibie pernah mengucapkan sebuah kutipan yang kemudian menjadi populer dan melegenda di Singapura.

Penasaran dengan kutipan itu? Anda bisa menyimaknya secara lengkap di sini.

2. Pengemudi Tesla Terekam Kamera Tertidur saat Mobil Melaju 90 Km Per Jam
Seorang pengendara mobil Tesla terekam kamera sedang tertidur saat mobil melaju dengan kencang di sebuah ruas jalan raya di Massachusetts, Amerika Serikat.

Insiden itu terekam oleh seorang pengguna jalan lain yang kemudian mengunggahnya di media sosial. Adapun peristiwa itu viral di Twitter pada Minggu (8/9/2019).

Seperti apa rekaman tersebut dan bagaimana reaksi pengguna jalan yang melihat sopir Tesla itu? Penjelasannya bisa Anda nikmati di tautan ini.

3. Komentar BJ Habibie soal "Little Red Dot" Bikin Singapura Angkat Bicara
Wafatnya presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie, dikenal juga sebagai BJ Habibie, menjadi sorotan sejumlah media internasional. Tak terkecuali surat kabar Singapura, The Straits Times.

Surat kabar terbesar di Singapura itu menurunkan berita dengan judul Former Indonesian president Habibie, who described Singapore as a 'little red dot', dies aged 83.

“Little Red Dot” adalah istilah yang sering dipakai untuk mendeksripsikan Singapura yang memiliki luas wilayah yang sangat kecil sehingga terlihat seperti titik merah di peta.

Bagaimana kisahnya sehingga muncul istilah Little Red Dot itu, silakan Anda simak selengkapnya di sini.

4. Dunia Beri Penghormatan Terakhir kepada Mendiang Presiden Ketiga RI BJ Habibie
Para duta besar hingga pemimpin negara di dunia memberikan penghormatan terakhir dan belasungkawa setelah presiden ketiga RI BJ Habibie meninggal Rabu petang (11/9/2019).

Antara lain Duta Besar Rusia Lyudmila Vorobieva yang menuturkan dia mempunyai kesan mendalam terhadap BJ Habibie, dan menyebutnya sangat dikenal di negaranya.

Selain itu, ucapan juga datang dari Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad hingga para penguasa Uni Emirat Arab. Seperti apa komentar mereka, ini dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com