Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertarungan Buaya 1,8 Meter dan Anakonda Sepanjang 8 Meter, Siapa yang Menang?

Kompas.com - 10/09/2019, 13:43 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com - Seorang fotogreafer menceritakan kisah menakjubkan tentang pertarungan mengerikan antara buaya sepanjang 1,8 meter dengan anakonda 8 meter.

Ular hijau itu tertangkap lensa kamera menangkap caiman yang di Pantanal, Brasil, setelah menemukannya di rawa-rawa lahan basah yang menjadi habitat keduanya.

Baca juga: Ular Anakonda Perawan Lahirkan 18 Bayi Ular di AS, Kok Bisa?

Anakonda itu bisa terlihat melilitkan tubuhnya di predator yang masih masuk keluarga buaya itu dengan harapan membuatnya sesak napas, dilansir Daily Mirror Senin (9/9/2019).

Fotografer alam liar Kevin Dooley mengatakan, dia cukup "beruntung" untuk mengabadikan momen itu dan mengungkapkan dia belum pernah memotret yang seperti itu.

Pria dari Albuquerque, New Mexico, Amerika Serikat (AS), itu menuturkan dia tengah makan siang di perahunya. "Saya tak percaya peristiwa itu sungguh terjadi," ujarnya.

Dia menuturkan yang bisa didengarnya awalnya adalah percikan air. Kemudian dia melihat si caiman nampak menderita. "Lilitan anakonda itu bahkan mematahkan kakinya," papar Dooley.

Fotografer berusia 58 tahun itu berkata, dia duduk dengan jarak sekitar 9 meter dari lokasi kejadian. Dia kemudian menoleh ke kanan dan melihat pemandangan itu.

Dooley menuturkan kejadian itu berlangsung dalam delapan menit. Di tengah pertarungan itulah, dia melihat si anakonda nampak kehabisan oksigen dan harus melepaskan si buaya.

"Saat melonggarkan lilitan itulah, si caiman dengan cepat berusaha menggigit kepala si anakonda," terang Dooley. Untungya, reptil itu bisa meloloskan diri.

Dooley pun berpikir bahwa si caiman sudah mati. Dia mengaku sangat bersyukur pertarungan dua predator itu tepat terjadi di depan matanya, dan mengaku bakal menunggu lama momen itu terulang.

"Saya begitu bersyukur dan merasa beruntung. Di satu sisi, saya merasa kasihan ke si caiman. Tak pernah terpikir saya akan melihat momen seperti ini," pungkasnya.

Baca juga: Korban Serangan Buaya Alami 18 Jahitan di Perut, Paha, dan Pinggang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com