Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Era Perang Dunia II Ditemukan, 15.000 Orang Dievakuasi dari Kota di Jerman

Kompas.com - 03/09/2019, 19:43 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

HANOVER, KOMPAS.com - Lebih dari 15.000 orang dievakuasi dari kota Jerman Hanover setelah aparat mengumumkan penemuan bom yang berasal dari era Perang Dunia II.

Warga dari ibu kota Saxony Bawah itu diperintahkan meninggalkan rumah pada Senin malam waktu setempat (2/9/2019). Sebab, ada peledak dengan bobot 250 kg.

Baca juga: Penemuan Bom Perang Dunia II di Sungai Thames, Bandara London Ditutup

Pemerintah kota dalam twit-nya menjelaskan, tim gegana Jerman segera datang dan melakukan prosedur untuk mematikan bom era Perang Dunia II itu.

Dilansir AFP, pemerintah kemudian mengumumkan bom sudah dijinakkan pukul 01.07 Selasa (3/9/2019) aktu lokal, dengan penduduk kembali dari evakuasi mereka.

Bom era Perang Dunia II itu merupakan penemuan umum di Hanover, kota bagi 500.000 orang dan menjadi salah satu target serangan Sekutu selama konflik.

Juni lalu, terdapat juga peledak era perang tersebut yang ditemukan dekat area populer ibu kota Jerman, Berlin, Lapangan Alexanderplatz yang menggegerkan warga lokal.

Kemudian pada 2017, sebanyak 65.000 orang harus dievakuasi dari Frankfurt setelah ditemukan bom buatan Inggris seberat 1,4 ton, dan menjadi evakuasi terbesar sejak 1945.

Dikutip oleh harian Jerman Der Spiegel, pakar menyatakan dari jutaan bom yang dijatuhkan Sekutu selama Perang Dunia, setidaknya satu dari 10 di antaranya gagal meledak.

Adapun pada Senin malam, tim gegana juga menjinakkan bom yang ditemukan di Cologne. Namun, upaya itu harus dibayar dengan evakuasi sebanyak 4.800 orang.

Baca juga: Bom Era Perang Dunia II Dijinakkan, Bandara di Roma Tutup Sementara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com