Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bercerai, Seorang Istri Ditembak Mati Suami di Luar Gedung Pengadilan

Kompas.com - 03/09/2019, 17:20 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

ERBIL, KOMPAS.com - Seorang istri di Region Kurdistan dilaporkan ditembak mati oleh suami di luar gedung pengadilan ketika mereka tengah mengurus proses perceraian.

Insiden itu terjadi di lahan parkir Gedung Pengadilan Erbil setelah keduanya menjalani sesi sidang keempat, dengan si suami enam kali menembak istri.

Baca juga: Cerita Lengkap Perampokan di Medan, Baju Korban Dilucuti hingga Pelaku Ditembak Mati

Dilaporkan The Independent Senin (2/9/2019), polisi memutuskan untuk tidak merilis identitas suami istri itu, dengan penyelidikan tengah dilangsungkan.

Kepala Departemen Polisi Abdul Khaliq Talaat mengatakan, si pelaku langsung ditahan setelah istrinya ditembak mati, dan dijerat dengan pembunuhan tingkat pertama.

Kepada Kurdistan24, Talaat menuturkan berdasarkan investigasi, diperoleh informasi bahwa akar masalahnya terjadi pada 2018 ketika si istri ditangkap polisi.

Dia kemudian dijatuhi hukuman penjara hingga April 2019 karena masalah sosial. Setelah dilepaskan, keduanya kemudian sepakat untuk mengisi surat perceraian.

"Hari ini (Minggu) seharusnya merupakan sidang keempat," kata Talaat. Dianna Nammi dari organisasi hak perempuan Kurdistan dan Irak mengecam insiden itu.

Nammi menuturkan si istri dipenjara selama 1,5 tahun karena dketahui berselingkuh. Ketika dilepaskan, dia ingin bercerai. Namun faktanya, dia malah ditembak mati.

"Kemudian ayah si korban menanggapi dengan menyatakan bahwa anaknya sudah menerima keadilan. Dengan kata lain, ayahnya itu mendukung pembunuh," kecam Nammi.

Dia memaparkan tidak seharusnya seorang suami membunuh istrinya, apalagi di siang bolong. Meski "pembunuhan terhormat" merupakan hal lumrah di komunitas Kurdistan.

Pembunuhan terhormat merupakan istilah bagi kerabat atau keluarga yang harus mendapat hukuman, entah itu harus hukuman mati, karena dianggap memberi aib.

"Pelaku bahkan sering melenggang bebas dalam kasus pembunuhan terhormat di Kurdistan. Para perempuan sering harus menangani masalah itu sendirian," ujarnya.

Baca juga: Serang Pemiliknya, 3 Ekor Singa Afrika Terpaksa Ditembak Mati

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com