Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Identitas Pelaku Penembakan Texas Barat Terungkap, Dipecat Beberapa Jam Sebelum Insiden

Kompas.com - 02/09/2019, 16:16 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Reuters

ODESSA, KOMPAS.com - Identitas tersangka pelaku penembakan di Texas Barat, pada Sabtu (31/8/2019), terungkap. Pelaku juga disebut dipecat dari pekerjaannya beberapa jam sebelum kejadian.

Korban tewas dalam insiden penembakan yang terjadi di jalanan antara kota Midland dan Odessa, Texas, akhir pekan lalu, dilaporkan bertambah, dari informasi awal empat orang menjadi tujuh tewas.

Selain korban tewas, sekitar 22 orang lainnya dikabarkan mengalami luka-luka.

Rincian tentang kronologi penembakan di akhir pekan Hari Buruh beserta nama sejumlah korban telah beredar di media online, serta diungkapkan pejabat pada Minggu (1/9/2019) dan Senin (2/9/2019) pagi.

Baca juga: Penembakan di Texas Barat, Pelaku Bajak Mobil Pos dan Tewaskan 4 Orang

Sementara pihak kepolisian dilaporkan terus menyisir 15 titik yang menjadi lokasi kejahatan yang berada di antara kota Midland dan Odessa.

Pihak kepolisian juga telah mengidentifikasi pelaku penembakan sebagai Seth Aaron Ator (36), asal Odessa.

Media setempat melaporkan, pelaku telah dipecat dari pekerjaannya sebagai pengemudi truk, hanya selang beberapa jam sebelum insiden penembakan terjadi.

Dia kemudian dihentikan petugas polisi di ruas jalan Interstate 20 di Midland karena tidak menyalakan lampu sein.

Saat dihentikan petugas itulah, pelaku menggunakan senapan serbu jenis AR, melepaskan tembakan melalui jendela belakang mobilnya dan melukai seorang petugas.

Baca juga: Rencanakan Penembakan Massal, Seorang Koki Hotel Ditahan Polisi

Pelaku kemudian melepaskan tembakan secara membabi buta sambil kembali menjalankan mobilnya, demikian menurut Departemen Keamanan Publik Texas, dikutip Reuters, Senin (2/9/2019).

Di tengah perjalanan, pelaku meninggalkan mobilnya dan membajak sebuah mobil pos setelah menembak seorang petugas pos, yang diidentifikasi bernama Mary Grandos (20).

Pelaku akhirnya dapat dihentikan di sebuah area parkir di kompleks bioskop di Odessa, di mana dia dilumpuhkan dan ditembak mati oleh petugas polisi.

"Saat ini belum ada jawaban pasti mengenai motif maupun alasan pelaku melakukan penembakan, tetapi kami cukup yakin bahwa dia bertindak sendiri," kata Kepala Kepolisian Odessa, Michael Gerke, dalam konferensi pers.

Menurut catatan pengadilan yang diperoleh secara online, diketahui jika Ator sempat melakukan pelanggaran pidana pada 2002, namun menghindari penangkapan.

Baca juga: Insiden Penembakan Marak di AS, Penjualan Ransel Anti-Peluru Meroket

Dilaporkan The Washington Post, korban tewas lainnya yang telah diidentifikasi adalah Edwin Peregrino (25), yang terbunuh di luar rumah yang baru ditempatinya beberapa pekan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com