Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER INTERNASIONAL] Bos Taksi Malaysia Minta Maaf karena Sebut Indonesia Miskin | Usulan Nama Ibu Kota Baru di Kaltim "Jokograd"

Kompas.com - 29/08/2019, 06:54 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Media sosial begitu bergairah dengan netizen membahas nama bagi ibu kota baru setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumka bakal memindahkannya ke Kalimantan Timur (Kaltim).

Media sosial seperti Twitter dan Facebook melontarkan usulan mulai dari "Jokograd" atau "Saint Jokoburg", hingga campuran bahasa Sansekerta seperti "Mandalanusa".

Kemudian dari Malaysia, tokoh transportasi setempat yang juga pemilik taksi menyampaikan permintaan maaf setelah menyebut Indonesia miskin sebagai bentuk penolakan terhadap Gojek.

Usulan bagi nama ibu kota baru di Kaltim dan permintaan maaf bos taksi merupakan dua dari empat kabar populer internasional sepanjang Rabu (28/8/2019) hingga Kamis (29/8/2019).

1. Jokograd hingga Mandalanusa, Inilah Usulan Nama Ibu Kota Baru Indonesia di Kalimantan Timur Menurut Netizen
Pengumuman Presiden Joko Widodo ( Jokowi) memindahkan ibu kota Indonesia ke Kalimantan Timur (Kaltim) juga disikapi oleh netizen di media sosial.

Sejak pernyataan yang disampaikan Senin (26/8/2019) itu, warganet Tanah Air sudah memberikan berbagai usulan nama calon ibu kota baru yang pembangunannya bakal dimulai tahun depan.

Terdapat setidaknya 11 nama ibu kota baru di Kalimantan Timur yang disampaikan akun Twitter bernama @Enggalpm. Antara lain "Jokograd" hingga "Saint Jokoburg".

Bagaimana dengan nama yang lain? Anda bisa menyimaknya di sini.

2. Tolak Gojek dengan Sebut Indonesia Negara Miskin, Bos Taksi Malaysia Ini Meminta Maaf
Pemilik taksi Big Blue Malaysia Datuk Shamsubahrin Ismail meminta maaf setelah ucapannya yang menolak Gojek dengan menyebut Indonesia negara miskin menjadi viral.

Dalam konferensi pers, Shamsubahrin menyebut ponselnya dibanjiri pesan bernada kemarahan dari orang Indonesia setelah pernyataan yang dilontarkannya dalam sebuah wawancara.

Dia mengaku masuk ke dalam grup pesan yang salah satunya berisi anggota Gojek. "Jadi, saya meminta maaf atas ucapan saya berdasarkan laporan yang saya baca," katanya

Seperti apa memang ucapannya yang kemudian membuat warga Indonesia meradang dan memaksanya menggelar jumpa pers guna meminta maaf? Silakan Anda baca di sini.

3. [POPULER INTERNASIONAL] Kekhawatiran jika Ibu Kota Pindah ke Kaltim | Thailand Rilis Foto Selir Raja
Kabar populer internasional yang terjadi sepanjang Selasa (27/8/2019) hingga Rabu (28/8/2019) ternyata juga masuk ke dalam kabar populer Kamis ini.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan, ibu kota Indonesia akan dipindahkan ke Kalimantan Timur (Kaltim), dengan pembangunan kawasan dilakukan mulai tahun depan.

Kemudian dari Thailand, kerajaan dilaporkan mengunggah foto beserta biografi selir Raja Maha Vajiralongkorn yang dikenal sebagai mantan perawat militer.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com