Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paksa 2 Anaknya Makan Kotoran Anjing, Ibu Ini Tak Dipenjara, tapi...

Kompas.com - 28/08/2019, 18:27 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MIAMI, KOMPAS.com - Seorang ibu dari Oklahoma, Amerika Serikat (AS), yang diduga memaksa dua anaknya untuk makan kotoran anjing tidak akan dipenjara secepatnya.

Namun berdasarkan laporan terbaru, perempuan bernama Mary Elizabeth Moore itu tidak diizinkan untuk mendekati sang anak, dilansir New York Post Selasa (27/8/2019).

Baca juga: Siapa Pemilik Flashdisk yang Ditemukan pada Kotoran Anjing Laut?

Diberitakan Tulsa World, ibu 34 tahun dari kota Miami itu disidang di Pengadilan Distrik Delaware County, dan dijerat dengan dakwaan lalai mengurus anaknya, usia 5 dan 3 tahun.

Berdasarkan dokumen pengadilan, Moore yang tak mengajukan banding menerima hukuman percobaan tujuh tahun, dan diperintahkan tak mendekati dua buah hatinya kecuali dalam kasus perwaliannya.

Berdasar affidavit penangkapan, anaknya yang berusia 5 tahun mengungkapkan kisah tragis bagaimana dia dan adiknya dipaksa untuk memakan kotoran anjing.

Seorang polisi bagian penangkapan mengatakan peristiwa memuakkan, yang disebut "diet" oleh si ibu, menjadi penyebab munculnya cacing di tubuh dua anak itu.

Baca juga: Penumpang Ini Terkejut Usai Duduki Kotoran Anjing di Kursi Pesawat

Si sulung dilaporkan hanya berbobot sekitar 11 kilogram ketika Moore ditangkap. Sedangkan adiknya mempunyai berat 8 kilogram. Keduanya kini dirawat di rumah sakit lokal.

Berdasarkan catatan medis, si bungsu disebut gagal berkembang pada usia empat bulan, dengan keduanya dilaporkan sulit berkembang karena kurangnya kalori serta nutrisi.

Staf rumah sakit sampai menempatkan dua bocah itu pada diet khusus, dengan makanan harus dimasukkan ke tubuh mereka menggunakan sebuah tabung.

"Keduanya mengalami sindrom pemulihan makan sebelum berat badan mereka mulai naik," demikian keterangan tertulis yang dilampirkan oleh penyidik kepolisian.

Dalam surat penangkapan, terungkap bahwa Moore tidak pernah membawa dua anaknya ke rumah sakit, dan memilih untuk mengabaikan saran dari dokter.

Kemudian pacar Moore disebut juga ikut andil dalam melakukan kekerasan terhadap dua bocah itu. Antara lain melemparkan botol kepada yang bungsu.

Baca juga: Paksa 2 Anaknya Makan Kotoran Anjing, Perempuan Ini Dihukum Penjara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com