Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER INTERNASIONAL] Kekhawatiran jika Ibu Kota Pindah ke Kaltim | Thailand Rilis Foto Selir Raja

Kompas.com - 28/08/2019, 06:53 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan, ibu kota Indonesia akan dipindahkan ke Kalimantan Timur (Kaltim), dengan pembangunan kawasan dilakukan mulai tahun depan.

Pengumuman yang disampaikan Senin (26/8/2019) itu menuai beragam reaksi, dengan para media internasional mengulas pandangan aktivis yang khawatir akan dampak terhadap lingkungan.

Kemudian dari Thailand, kerajaan dilaporkan mengunggah foto beserta biografi selir Raja Maha Vajiralongkorn yang dikenal sebagai mantan perawat militer.

Ulasan media internasional dan foto selir raja Thailand termasuk dalam empat kabar populer internasional yang terjadi sepanjang Selasa (27/8/2019) hingga Rabu (28/8/2019).

1. Media Internasional Ulas Kekhawatiran jika Ibu Kota Indonesia Pindah ke Kalimantan Timur
Keputusan sudah diketok. Presiden Joko Widodo ( Jokowi) mengumumkan bakal memindahkan ibu kota Indonesia ke Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

"Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur," ujarnya Senin (26/8/2019).

Dalam konferensi pers, Presiden Jokowi menjelaskan pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur diperlukan karena beban Jakarta saat ini sudah begitu berat.

Pernyataan Jokowi itu kemudian dibahas oleh media internasional mengenai dampak lingkungan yang akan terjadi. Seperti apa? Berikut selengkapnya.

2. Foto Selir Raja Thailand Dirilis Kerajaan ke Internet
Kerajaan Thailand dilaporkan merilis foto selir Raja Maha Vajiralongkorn dalam berbagai kesempatan di internet. Lengkap dengan biografinya.

Raja Maha Vajiralongkorn memberikan gelar Chao Khun Phra, atau Selir Kerajaan, kepada mantan perawat militer Sineenat Wongvajirapakdi saat ulang tahun ke-67 Juli lalu.

Sineenat menjadi perempuan pertama yang menerima gelar itu, setidaknya dalam 100 tahun terakhir. Situs yang mengunggahnya dilaporkan down karena tingginya trafik.

Terdapat setidaknya 60 foto dan biografi setebal 46 halaman yang memuat kisahnya itu. Penasaran akan kisahnya? Anda bisa membacanya di sini.

3. Presiden Perancis Marah karena Presiden Brasil Hina Sang Istri
Presiden Perancis Emmanuel Macron mengungkapkan, dia marah dan mengecam Presiden Brasil Jair Bolsonaro yang menghina sang istri, Brigitte.

Pernyataan itu menjadi salah satu babak baru dalam perselisihan keduanya sejak Macron mengungkapkan keprihatinan atas kebakaran hutan yang terjadi di Amazon.

Pada Minggu (25/8/2019), salah seorang pendukung Bolsonaro mengunggah sebuah pesan di Facebook berisi ejekan terhadap Brigitte yang disandingkan dengan istri Bolsonaro, Michelle.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com