Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Padamkan Kebakaran Hutan di Amazon, Brasil Kirim Pasukan

Kompas.com - 24/08/2019, 10:33 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Sky News

BRASILIA, KOMPAS.com - Presiden Brasil Jair Bolsonaro sudah menandatangani dekrit penempatan pasukan untuk membantu memadamkan kebakaran hutan yang terjadi di Amazon.

Pernyataan itu dilontarkan Gubernur Negara Bagian Roraima, Antonio Denarium, sekaligus memperkuat pernyataan Bolsonaro sebelumnya yang ingin mengerahkan militer.

Baca juga: Jenderal Brasil Siap Membela Amazon dari Kebakaran Hutan

Diberitakan Sky News Jumat (23/8/2019), kantor kepresidenan Brasil juga mencetuskan Bolsonaro bakal memaparkan langkah menangkal kebakaran hutan di Amazon.

Perancis dan Irlandia mengancam bakal membekukan perjanjian perdagangan bebas Uni Eropa dengan Amerika Latin (Mercosur) jika Bolsonaro tak segera bertindak.

Sementara Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyatakan sudah saatnya bagi mereka untuk mengalihkan fokus kepada perlindungan alam dalam pertemuan G7.

Seiring dengan krisis yang semakin meningkat, Presiden Perancis Emmanuel Macron menuduh Bolsonaro sudah berbohong serta tidak menghormati komitmennya sendiri.

Johnson pun memberikan dukungan kepada Macron supaya kebakaran hutan di Amazon mendapat porsi pembahasan lebih dalam konferensi G7 di Biarritz, Sabtu ini (24/8/2019).

Macron sudah menyebut kejadian yang terjadi di Amazon merupakan krisis internasional dengan menyebutnya sebagai "rumah kami benar-benar terbakar dalam arti sesungguhnya".

"Hutan hujan tropis Amazon, paru-paru dunia yang sudah memberikan 20 persen oksigen bagi Bumi ini, tengah terbakar," kata Macron dalam kicauannya di Twitter.

Sementara Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan kebakaran hutan yang terjadi, angka tertinggi sejak 2013 silam, sangat "mengejutkan serta mengancam".

Sepanjang Januari hingga Agustus tahun ini, Brasil sudah mengalami 76.720 kebakaran. Kenaikan sebesar 83 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Para pemimpin maupun pesohor dunia menyuarakan kekhawatiran mereka karena Amazon merupakan salah satu benteng penting dalam menangkal perubahan iklim.

"Tidak mungkin bagi kami untuk mempertahankan perjanjian bebas Uni Eropa dan Mercosur jika Brasil tak menghormati komitmen lingkungannya," tegas Perdana Menteri Irlandia Leo Varadkar.

Tak hanya Brasil. Problem yang sama juga dihadapi Bolivia serta Paraguay sebagai akibat dari petani lahan yang sengaja membakar hutan demi meningkatkan pertanian.

Baca juga: Tangkal Kebakaran Hutan di Amazon, Presiden Brasil Pertimbangkan Kerahkan Pasukan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com