Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Hutan Amazon: Bagaimana Selebritas Dunia Menyebarkan Informasi yang Salah

Kompas.com - 23/08/2019, 18:50 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com - Banyak figur top dunia berbondong-bondong menyebarkan berbagai foto tentang kebakaran hutan Amazon, utamanya di wilayah Brasil.

Namun dari pesohor seperti Madonna hingga Presiden Perancis Emmanuel Macron ternyata menyebarkan informasi yang salah mengenai kebakaran yang menuai kekhawatiran publik itu.

Data dari Institut Penelitian Luar Angkasa Brasil (INPE) menunjukkan terdapat 73.000 kebakaran hutan Amazon yang tercatat dalam delapan bulan terakhir di 2019 ini.

Baca juga: Presiden Brasil dan Perancis Bertengkar soal Kebakaran Hutan Amazon

Jumlah itu mengalami kenaikan hingga 83 persen dibanding periode yang sama tahun lalu, dan menjadi angka terbesar dalam enam tahun terakhir.

Dilansir AFP Jumat (23/8/2019), berikut merupakan sejumlah unggahan berisi informasi yang salah, yang dibagikan oleh beberapa selebritas dan pemimpin dunia.

1. Pemimpin

"Rumah kami terbakar. Dalam arti sesungguhnya. Amazon, yang merupakan paru-paru dunia dan menghasilkan 20 persen oksigen kami saat ini sedang terbakar."

Begitulah keterangan foto yang ada di akun Twitter Macron disertai dengan foto asap pekat mengepul dari hutan, ditambah dengan tagar #ActForTheAmazon.

"Ini adalah krisis internasional. Anggota G7, mari bertemu dalam dua hari ke depan untuk membicarakannya," lanjut Macron jelang pertemuan di Biarritz akhir pekan ini.

Sekilas tidak ada yang salah. Namun foto yang digunakan oleh Macron tidak menunjukkan kebakaran tahun ini. Foto itu diketahui milik Loren McIntyre, yang dikenal karena karyanya di National Geographic.

Meski tak menunjukkan tanggal dan tahun berapa foto itu diambil, McIntyre wafat pada 2003, yang berarti foto itu setidaknya berusia 16 tahun atau lebih.

Presiden Chile, Sebastian Pinera, juga berakhir mengunggah kicauan di Twitter soal kebakaran menggunakan foto dari jurnalis Reuters Nacho Doce pada 2013.

Baca juga: Presiden Perancis Desak Kebakaran Hutan Amazon Jadi Isu Utama KTT G7

2. Aktor

Leonardo DiCapriod membagikan dua foto yang terbukti tak akurat. Foto pertama nampaknya merupakan hasil jepretan McIntyre yang juga diunggah oleh Macron.

Kemudian foto kedua diketahui diambil di kota Peru bernama Puerto Maldonado pada 2016. Peru tidak terdampak kebakaran meski otoritas setempat menyatakan "siaga".

Kemudian rapper sekaligus bintang film Jaden Smith yang merupakan putra pesohor Will Smith mengunggah foto yang jika ditelusuri, bertanggal 1989 silam.

Aktris sekaligus penyanyi Argentina Martina Stoessel juga membagikan foto lama disertai tulisan "Betapa sedih melihat ini". Foto itu karya fotogreafer Getty Images Mario Toma pada 2014.

Baca juga: Presiden Perancis: Kebakaran Hutan Amazon adalah Krisis Internasional

Twit yang diunggah Presiden Perancis Emmanuel Macron soal kebakaran hutan di Amazon. Namun, terdapat informasi yang keliru dalam foto tersebut.Twitter Emmanuel Macron via Perma Twit yang diunggah Presiden Perancis Emmanuel Macron soal kebakaran hutan di Amazon. Namun, terdapat informasi yang keliru dalam foto tersebut.

Halaman:
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com