Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Saudi Kini Bebas Bepergian ke Luar Negeri Tanpa Izin Wali Laki-laki

Kompas.com - 21/08/2019, 12:49 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

RIYADH, KOMPAS.com - Perempuan Arab Saudi yang telah dewasa kini dimungkinkan untuk bepergian ke luar negeri tanpa persetujuan dari wali laki-laki.

Hal tersebut menyusul pemerintah Arab Saudi yang resmi memberlakukan reformasi penting dalam sistem perwalian yang telah lama diberlakukan di negara itu.

Reformasi yang diumumkan awal bulan ini itu melemahkan sistem perwalian terbatas yang telah lama menjadi simbol penindasan terhadap perempuan Saudi.

"Departemen paspor kini menerima aplikasi dari perempuan berusia 21 tahun ke atas untuk menerbitkan atau memperbarui paspor dan untuk bepergian ke luar kerajaan tanpa izin (wali)," kata departemen itu di Twitter, Selasa (20/8/2019).

Baca juga: Perempuan Saudi Bakal Diizinkan ke Luar Negeri Tanpa Persetujuan Wali Laki-laki

Dalam sistem perwalian lama yang diberlakukan di Arab Saudi, menjadikan setiap anggota keluarga perempuan membutuhkan izin dari suami, ayah, maupun kerabat laki-laki lainnya untuk bepergian ke luar negeri.

Sistem perwalian itu telah mengundang kecaman dari dunia internasional dan dianggap sebagai salah satu alasan yang mendorong upaya sejumlah warga perempuan melarikan diri dari Arab Saudi.

Keputusan reformasi itu dibuat setelah bertahun-tahun kampanye oleh para aktivis dan upaya sejumlah perempuan Saudi yang melarikan diri dari wali mereka, meski telah ada reformasi termasuk yang membatalkan larangan berkendara terhadap perempuan.

Baca juga: Perempuan Saudi Pakai Kontrak Pernikahan untuk Jamin Hak Mengemudi

Bersamaan dengan diumumkannya perubahan dalam aturan perwalian awal bulan ini, perempuan Saudi juga diberikan hak untuk secara resmi mendaftarkan kelahiran, perkawinan atau perceraian, dan diakui sebagai wali bagi anak-anak yang di bawah umur, yang selama ini hanya diberikan untuk laki-laki.

Halaman:
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com