Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perdana Menteri Italia Ingin Mengundurkan Diri

Kompas.com - 20/08/2019, 23:00 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber CNN,AFP

ROMA, KOMPAS.com - Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte membuat keputusan mengejutkan dengan menawarkan untuk mengundurkan diri setelah menyindir menterinya sendiri.

Dalam pidato berdurasi satu jam di depan parlemen, Conte menyindir keputusan Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Dalam Negeri Matteo Salvini yang menyerukan pemilihan dini.

Baca juga: Dilanda Resesi, Menteri Ekonomi Argentina Mengundurkan Diri

Dilansir CNN Selasa (20/8/2019), Perdana Menteri berusia 55 tahun itu menyebut keputusan Salvini "tak bertanggung jawab" dan menuduh dia hanya mengejar ambisinya sendiri.

"Dengan krisis di pertengahan Agustus, pemilihan bakal digelar di musim dingin. Itu berarti adanya pemerintahan sementara. Kita bakal lemah di hadapan Uni Eropa," terangnya.

Dikutip kantor berita AFP, Conte kemudian melanjutkan dia bakal mengakhiri "petualangan" pemerintahannya, dan bakal segera menemui Preisden Sergio Mattarella.

"Saya akan menemui presiden dan memberitahukan pengunduran diri saya. Sangat tidak bertanggung jawab untuk memulai krisis di pemerintahan ini," ujarnya.

Salvini yang merupakan petinggi partai Lega Nord langsung mengambil mikrofon tak lama setelah Conte menyelesaikan pidato, dan mengaku tidak takut dengan penilaian publik.

"Saya manusia bebas. Saya akan melakukan apa yang harus saya lakukan sekali lagi. Saya hanya menawarkan masa depan dengan negara makmur dan bertumbuh," katanya.

Profesor hukum tanpa pengalaman politik, Conte menjadi perbincangan setelah naik menjadi orang nomor satu Negeri "Pizza" pada Juni 2018 berkat koalisi Lega Nord dan Pergerakan Five Star.

Dua figur populer yang dikenal sebagai euroskeptis mengamankan mayoritas suara dalam pemilu Maret 2018. Namun pecah karena tidak adanya kesamaan visi soal kebijakan.

Baca juga: Buntut Berpose Bugil bagi Majalah Playboy, PNS Rusia Ini Mengundurkan Diri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN,AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com