Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seekor Anjing Pit Bull Selamatkan Tuannya dari Gigitan Hiu

Kompas.com - 20/08/2019, 14:13 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

BODEGA BAY, KOMPAS.com — Seekor anjing pit bull yang setia berhasil menyelamatkan majikannya yang sedang memancing di teluk dari gigitan hiu.

Anjing yang bernama Darby itu langsung berlari menuju tuannya, James White, saat dia berteriak minta tolong setelah hiu sevengill yang dipancingnya melawan dan menggigit pergelangan kakinya.

Dilansir NBC News, insiden itu terjadi pada 21 Juli lalu. Saat itu White, yang berasal dari Rohnert Park, memutuskan untuk pergi memancing di Teluk Bodega di Sonoma County, California.

Dia pergi mengendarai mobil dengan membawa Darby yang baru berusia satu tahun.

Baca juga: Dua Anjing Pit Bull Bantai 29 Ekor Kucing di Tempat Penampungan Hewan

Setibanya di lokasi memancing, White pun turut membawa alat pancing dan meninggalkan anjing di mobil yang terparkir hanya beberapa meter dari tempatnya memancing.

Setelah beberapa menit melemparkan kail, White merasakan ada sesuatu yang memakan umpannya dan dia pun mulai menarik pancing.

"Itu berlangsung selama sekitar 10 menit. Satu-satunya alasan saya dapat menarik kembali kail pancing saya adalah karena makhluk itu berenang ke arah saya," kata White.

White baru menyadari apa yang memakan umpannya setelah di masuk ke perairan dangkal di pinggir teluk. Dia melihat seekor hiu sevengill sepanjang hampir dua meter.

White mencoba melepaskan kail dari hiu itu. Namun, hiu itu berontak dan menggigit pergelangan kaki kiri.

Baca juga: Berkorban demi Keluarga Majikan, Anjing Ini Mati Saat Gigit Ular Kobra

"Tiba-tiba saya melihat darah di mana-mana, gigitan hiu itu mengenai arteri. Tekanannya sangat terasa," katanya.

White mencoba memanggil bantuan, tetapi jarak mereka terlalu jauh.

Beruntung teriakan White terdengar oleh Darby yang langsung bereaksi dengan keluar dari mobil yang terparkir dan menuju hiu yang menggigit tuannya.

Semula, White merasa gigitan hiu itu semakin kencang saat Darby menggigitnya sehingga dia memerintahkan anjingnya untuk mundur.

Setelah diperintahkan mundur, anjing pit bull itu beralih menggigit bagian ekor hiu dan mulai menariknya. Anjing itu pun berhasil melepaskan hiu itu dari kaki majikannya.

Baca juga: Anjing Setia Ini Berjalan 200 Km Pulang ke Rumah Majikan yang Membuangnya

Setelah terlepas, White mengangkat hiu itu dan mengembalikannya ke air, yang kemudian kembali berenang menjauh.

"Jika bukan karena Darby, saya tidak tahu apa yang akan terjadi pada kaki saya," ujar White.

Seekor hiu sevengill dapat tumbuh hingga seberat lebih dari 100 kilogram dan panjang tiga meter. Hiu itu dinamakan sevengill karena memiliki tujuh garis insang di setiap sisi tubuhnya.

Gigitan hiu jenis ini bisa meninggalkan luka yang panjang dan lebar karena bentuk gigi bagian atasnya yang besar dan bergerigi, yang digunakan untuk menahan mangsa, sedangkan gigi bagian bawah lebih kecil dan tajam untuk memotong.

Baca juga: Anjing Berjuluk Hachiko Yunani Ini Menunggu di Lokasi Kecelakaan Majikan Selama 18 Bulan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com