Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tabrak Kawanan Burung, Maskapai Rusia Ural Airlines Mendarat Darurat di Ladang Jagung

Kompas.com - 15/08/2019, 17:09 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber BBC

MOSKWA, KOMPAS.com - Maskapai Rusia Ural Airlines dilaporkan harus mendarat darurat di ladang jagung dekat ibu kota Moskwa setelah menabrak kawanan burung.

Sebanyak 23 orang terluka dalam insiden itu, yang menyebabkan pesawat mendarat dalam keadaan mesin mati dan roda pendaratannya tertarik menurut kementerian kesehatan.

Baca juga: Pesawat Asiana Airlines Mendarat Darurat demi Selamatkan Nyawa Penumpang Anak

Maskapai Ural Airlines itu awalnya terbang menuju Simferopol di Crimea ketika menabrak kawanan burung camar tak lama setelah lepas landas dan mengakibatkan gangguna mesin.

Diwartakan BBC Kamis (15/8/2019), media Rusia menyebut pendaratan darurat itu merupakan "keajaiban dari Ramensk". Pesawat itu dipastikan tidak akan terbang lagi.

Pesawat jenis Airbus 321 itu membawa total 233 penumpang dan awak kabin ketika ada beberapa ekor burung masuk ke dalam mesin, dengan pilot memutuskan mendarat darurat.

Salah seorang penumpang yang tidak disebutkan identitasnya mengungkapkan, pesawat bergetar hebat begitu lepas landas. Lima detik kemudian, lampu di kanan pesawat mulai menyala.

"Kemudian terdapat juga bau seperti terbakar. Kemudian pesawat segera mendarat dan kami memutuskan untuk segera keluar dan pergi sejauh mungkin," ucapnya.

Badan transportasi udara Rosaviatsia menerangkan, pesawat langsung mendarat di ladang jagung sekitar satu kilometer dari landasan pacu Bandara Internasional Zhukovsky.

Awak kabin dengan sigap segera membantu mengeluarkan penumpang, dengan yang terluka dilarikan ke rumah sakit dan ada juga yang dibawa kembali ke bandara.

Kementerian kesehatan menyatakan lima bocah masuk dalam korban luka. "Kami mempertimbangkan korban terluka berada dalam kondisi serius," ujar kementerian.

Direktur Jenderal Ural Airlines Kirill Skuratov kepada TASS mengatakan, penumpang yang ingin melanjutkan perjalanan bisa masuk penerbangan alternatif setelah melalui pemeriksaan kesehatan.

Media Rusia kemudian membandingkannya dengan insiden maskapai AS US Airways yang harus melakukan pendaratan darurat di Sungai Hudson pada 2009 silam.

Insiden kawanan burung yang menabrak pesawat merupakan fenomena umum dengan ribuan laporan terjadi setiap tahun di AS. Namun, jarang menyebabkan kerusakan hebat pada pesawat.

Baca juga: Karena Bau Aneh, Pesawat Maskapai American Airlines Jurusan Inggris Mendarat Darurat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com