Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER INTERNASIONAL] Video Banjir di Mina | China Siagakan Tank di Perbatasan Hong Kong

Kompas.com - 14/08/2019, 07:33 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah video memperlihatkan kota di Arab Saudi, Mina, diterjang banjir di mana jemaah haji dari seluruh dunia tengah melakukan rangkaian ibadah haji di sana.

Video itu kemudian menyebar tidak hanya di WhatsApp. Namun juga media sosial lainnya sehingga muncul sebuah pertanyaan: apakah video itu benar?

Kemudian dari demo Hong Kong, China mulai bersiaga dan memberangkatkan konvoi besar yang terdiri dari kendaraan lapis baja dan tank di kawasan perbatasan.

Isu banjir di Mina dan demo Hong Kong bisa Anda nikmati bersama dengan artikel lainya dalam kabar populer internasional sepanjang Selasa (13/8/2019) hingga Rabu pagi (14/8/2019).

1. Beredar Video Banjir di Mina, Bagaimana Situasi Sebenarnya?
Sebuah video yang mengabarkan bahwa Mina, Arab Saudi, dilanda banjir beredar di aplikasi WhatsApp. Beberapa akun di media sosial juga ada yang membagikannya.

Seperti diketahui, saat ini jemaah haji dari segala penjuru dunia tengah melakukan rangkaian ibadah haji di Mina.

Dalam video berdurasi 11 detik itu terlihat jemaah berbondong-bondong berjalan melewati air setinggi hampir selutut orang dewasa, disertai dengan narasi tengah terjadi banjir di sana.

Bagaimana kebenaran narasi yang beredar itu? Anda bisa mendapatkan jawabannya di sini.

2. Mengenal UU Ekstradisi yang Jadi Pemicu Demo Hong Kong
Selama dua bulan terakhir, suasana di Hong Kong begitu mencekam karena adanya demo disertai gesekan antara polisi dengan massa pro-demokrasi.

Bentrokan yang dikabarkan menimbulkan korban luka itu menuai kecaman keras dari China, dengan beredar video tentara melakukan latihan penanganan anti huru hara.

Semua demo itu dipicu oleh satu produk legislasi bernama UU Ekstradisi yang dianggap bakal mengancam kebebasan di kota bekas koloni Inggris itu.

Seperti apa sebenarnya UU Ekstradisi yang kemudian menjadi pemicu demo Hong Kong itu? Melalui tautan ini, Anda bisa memperoleh penjelasan singkat aturan yang dianggap kontroversial itu.

3. Demo Hong Kong: Tank dan Kendaraan Lapis Baja China Disiagakan di Perbatasan
Sejumlah besar kendaraan lapis baja dilaporkan mulai dikerahkan ke kota di wilayah China daratan yang berseberangan dengan perbatasan Hong Kong.

Dalam rekaman yang diunggah dua media China, Senin (12/8/2019), iring-iringan kendaraan pengangkut personel hingga tank tersebut terlihat di kota Shenzhen, provinsi Guangdong, di China selatan.

Antara lain video berdurasi 39 detik menampilkan iring-iringan kendaraan lapis baja yang berjumlah puluhan melintasi ruas jalan ketika hujan mengguyur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com