Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keasyikan Karaoke, Paru-paru Pria 65 Tahun di China Kolaps

Kompas.com - 13/08/2019, 11:55 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Seorang pria berusia 65 tahun di China mengalami kondisi medis yang disebut paru-paru kolaps setelah keasyikan bernyanyi di karaoke.

Pria bermarga Wang langsung menyadari ada yang salah dengan kondisinya ketika berusaha menyanyikan nada tinggi salah satu lagu yang dia sukai pekan lalu.

Baca juga: Diduga Korban Trafficking, 12 Perempuan Asal Bandung Diamankan dari Rumah Karaoke

Selama berada di karaoke, sebelumnya dia tidak kesulitan dalam bernyanyi. Namun kali ini berbeda. Dia mengaku kesulitan bernapas dan mencapai nada tinggi.

Tak hanya itu. Sebagaimana diwartakan Oddity Central Senin (12/8/2019), Wang menceritakan dia mengalami kesakitan di punggung sebelah kiri saat bernyanyi.

Kepada Nanchang News, dia mengatakan awalnya mengabaikan gejala yang timbul. Namun sampai di rumah sehabis berkaraoke, ternyata kondisinya memburuk.

Jadi keesokan paginya, dia segera memeriksakan diri ke Rumah Sakit Nanchang. Oleh dokter departemen gawat darurat Peng Bin-fei, Wang didiagnosis menderita paru-paru kolaps atau pneumothorax.

Peng pun menanyakan dengan detil apa yang menyebabkan Wang mengalami gejala itu. Setelah mendengarkan kisahnya berkaraoke, Peng menyimpulkan kemungkinan penyebabnya adalah nada tinggi.

"Pasien menderita paru-paru kolaps karena tekanan yang diakibatkan menyanyikan nada tinggi," ujarnya dikutip Pear. "Sangat dianjurkan tak bernyanyi lebih dari dua jam."

Wang kemudian mengaku bahwa meski dia bisa menyanyikan bagian nada tinggi sebelumnya, dia tidak pernah bernyanyi lagu tersebut selama 10 kali beruntun.

"Saya begitu bersemangat dengan suasana yang timbul saat di karaoke. Jadi saya terus menyanyikan beberapa lagu dan mendapat masalah karenanya," katanya.

Kisah Wang kemudian menjadi viral di China dengan sejumlah netizen menyatakan keterkejutan karena ada kasus paru-paru orang bisa kolaps karena karaoke.

Baca juga: Cerita Dokter Forensik RS Polri Lihat Paru-paru Perokok Berat Saat Autopsi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com