Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejadian Langka, Seekor Panda Raksasa Lahirkan Bayi Kembar di Kebun Binatang Belgia

Kompas.com - 09/08/2019, 20:52 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

BRUSSELS, KOMPAS.com - Seekor panda raksasa di kebun binatang Belgia melahirkan bayi kembar, Kamis (8/8/2019).

Kebun Binatang Pairi Daiza mengumumkan pada Jumat (9/8/2019) seekor panda raksasa bernama Hao Hao, telah melahirkan sepasang bayi kembar, jantan dan betina.

Kelahiran yang "sangat jarang" tersebut menjadi pertanda baik bagi spesies yang kini berstatus rentan itu.

Dilansir Reuters, bayi panda kembar tersebut lahir secara terpisah beberapa jam dan masing-masing dengan berat 160 gram dan 150 gram.

Baca juga: Presiden China Hadiahkan 2 Ekor Panda kepada Putin

Kedua bayi panda itu, yang digambarkan oleh pihak kebun binatang sebagai "udang merah muda" dalam postingan Facebook tersebut berwarna merah muda, belum memiliki rambut dan jauh lebih kecil dibandingkan induk mereka.

Menurut World Wildlife Fund (WWF), seekor bayi panda pada umumnya berukuran 1/900 dari induknya.

"Kelahiran bayi panda kembar ini adalah kabar menggembirakan yang luar biasa bagi spesies luar biasa yang masih terancam hingga saat ini," kata Eric Domb, presiden dan pendiri Kebun Binatang Pairi Daiza, dalam sebuah pernyataan.

Sepasang bayi panda raksasa yang lahir di Kebun Binatang Pairi Daiza, pada Kamis (8/8/2019).REUTERS / HANDOUT Sepasang bayi panda raksasa yang lahir di Kebun Binatang Pairi Daiza, pada Kamis (8/8/2019).
Bayi panda yang baru lahir itu akan diawasi sepanjang waktu dan sesekali ditempatkan dalam inkubator dan diberi susu botol untuk membantu induknya beristirahat, kata pihak kebun binatang.

Baca juga: Seekor Panda Albino Tertangkap Kamera di Cagar Alam Nasional di China

Ditambahkan pihak kebun binatang, program internasional untuk konservasi panda raksasa didirikan oleh China lebih dari 30 tahun yang lalu.

Pada 2016, status panda raksasa telah diubah dari terancam punah menjadi rentan oleh Uni Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN).

Induk panda, Hao Hao, diinseminasi pada April lalu. Kelahiran itu adalah yang kedua bagi Hao Hao, serta anak kedua dan ketiga yang dilahirkan di kebun binatang Belgia.

Sementara di Kebun Binatang Nasional Smithsonian, panda betina bernama Mei Xiang juga dikabarkan menunjukkan tanda-tanda tengah mengandung.

Dugaan tersebut ditunjukkan dari perubahan perilaku Mei Xiang dalam beberapa pekan terakhir.

"Tanda-tanda itu menjadi lebih terlihat dalam 24 jam terakhir," tulis pernyataan kebun binatang, Kamis (8/8/2019).

Baca juga: Ada-ada Saja, China Bikin Aplikasi Pengenalan Wajah Khusus Panda

Perubahan perilaku tersebut, menurut kebun binatang nasional, ditunjukkan Mei Xiang yang lebih memilih diam di dalam kandang alih-alih memakan bambu seperti yang biasa dilakukannya.

Menurut staf kebun binatang, panda itu sedang dalam fase hormon sekundernya dan itu bisa berarti dia sedang hamil atau mengalami kehamilan palsu atau pseudopregnancy.

Kepastian hamil tidaknya panda itu baru dapat dilihat melalui pemeriksaan USG.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com