Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buang Kulkas Bekas Sembarangan, Begini Balasan yang Diterima Pria Ini

Kompas.com - 07/08/2019, 18:16 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Newsweek

ALMERIA, KOMPAS.com - Seorang pria di Spanyol yang mengejek daur ulang dengan membuang kulkas sembarangan mendapat balasan setimpal dari polisi setempat.

Dalam video yang dirilis Kepolisian Almeria, nampak seorang pria mengangkat sebuah kulkas dan berkata "Mari daur ulang" ini dan membuangnya ke tebing.

Baca juga: Listrik Padam di Sebagian Jawa, Makanan Apa Saja yang Harus Dibuang dari Kulkas?

Polisi dari Garda Sipil Spanyol menyatakan, mereka sudah mengidentifikasi pria itu dengan nama Mario, dan bekerja di distributor peralatan rumah tangga.

Dilansir CNN via Newsweek Selasa (6/8/2019), polisi kemudian memerintahkan Mario dan teman yang merekam aksinya untuk mengangkat kembali kulkas itu dari tebing.

Tak hanya diperintahkan mengangkat dan membuangnya ke tempat yang benar, Mario juga didenda 45.000 euro, atau sekitar Rp 715,4 juta.

Juru bicara Garda Sipil Luis Gonzalez mengatakan, pengadilan bakal memutuskan apakah keduanya dikenai denda administratif atau tuduhan kejahatan lingkungan.

Garda Sipil juga menyatakan bakal menginvestigasi perusahaan tempat Mario bekerja. Setelah pemeriksaan menunjukkan 50 buah mesin cuci dibiarkan begitu saja di halaman.

Kepada The Guardian, salah satu anggota garda sipil Sergio Lopez menerangkan Mario bersikap kooperatif keapda polisi dan menyesali perbuatannya.

"Saya sangat menyesal karena selain saya kehilangan pekerjaan, perbuatan saya ini juga semakin menambah beban yang harus ditanggung," kata Mario.

Kepada harian lokal El Espanol, dia mengungkapkan sudah diperlakukan lebih buruk dari pencuri dan pembunuh, serta membuatnya tidak nyaman.

Dia bahkan harus pindah dari rumah karena tidak kuat dengan hujatan yang diterima. Dia berharap media berhenti memberikan hujatan kepadanya.

Kulkas mengandung gas yang bisa merusak lingkungan jika tidak dibuang di tempat semestinya bersama dengan penyejuk ruangan atau lemari pendingin.

Baca juga: Listrik Masih Padam di Sebagian Wilayah Jakarta, Anies Imbau Warga Periksa Isi Kulkas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com