Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya Jakarta, 6 Kota Besar di Sejumlah Negara Ini Juga Pernah Alami Pemadaman Listrik Massal

Kompas.com - 05/08/2019, 15:09 WIB
Ahmad Naufal Dzulfaroh,
Agni Vidya Perdana

Tim Redaksi


KOMPAS.com — Pemadaman listrik (blackout) secara luas terjadi di sejumlah wilayah di Pulau Jawa pada Minggu (4/8/2019). Tercatat wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, dan sebagian wilayah Banten menjadi daerah yang terdampak pemadaman itu.

Akibat pemadaman ini, beberapa layanan publik yang bergantung pada pasokan listrik PLN pun ikut terganggu.

Seluruh perjalanan kereta rel listrik (KRL) dan beberapa kereta MRT dilaporkan terhenti setelah terjadi pemadaman. Tak hanya itu, padamnya aliran listrik ini juga mengakibatkan gangguan di sejumlah jaringan seluler.

Namun, tidak hanya Jakarta sebagai ibu kota negara yang pernah mengalami pemadaman listrik massal. Sejumlah kota besar di sejumlah negara di dunia juga pernah mengalaminya.

Baca juga: 5 Tips untuk Antisipasi jika Terjadi Pemadaman Listrik

Berikut ini enam kota besar di berbagai negara yang pernah mengalami pemadaman listrik berskala besar:

1. Caracas, Venezuela

Negara yang tengah dilanda krisis ini sempat mengalami beberapa kali pemadaman listrik massal yang terjadi hampir di seluruh penjuru negeri.

Pada 22 Juli 2019, pemadaman listrik besar-besaran dilaporkan terjadi di 16 dari 23 negara bagian di Venezuela, termasuk ibu kota Caracas.

Listrik padam pada Senin mulai sekitar pukul 16.45 waktu setempat dan baru pulih secara bertahap di ibu kota dan beberapa bagian lain negara itu pada Selasa dini hari.

Kejadian ini menimbulkan kemacetan parah di Caracas akibat tidak berfungsinya lampu lalu lintas. Selain itu, trotoar juga dipadati oleh pejalan kaki setelah kereta metro berhenti.

Menteri Informasi Venezuela Jorge Rodriguez mengklaim pemadaman listrik massal itu disebabkan oleh serangan elektromagnetik. Namun, dia tidak memaparkan bukti atas klaimnya itu.

Presiden Venezuela Nicolas Maduro menganggap pemadaman listrik di negaranya adalah ulah para teroris yang sengaja menyerang pusat pembangkit listrik negara.

Namun, pemimpin oposisi Juan Guaido menyebut pemadaman listrik disebabkan oleh tindak korupsi dan ketidakmampuan rezim pemerintah.

Baca juga: Pemadaman Listrik Bisa Jadi Sinyal Buruk Investasi di Indonesia

Pemadaman tersebut bukan kali pertama terjadi di Venezuela. Pada tahun ini saja sudah terjadi beberapa kali pemadaman listrik secara massal.

Pada April, listrik padam selama berjam-jam, membuat sebagian besar negara, termasuk Caracas, menjadi gelap.

Pada Maret, negara itu dilanda serangkaian pemadaman listrik, termasuk yang memengaruhi semua negara bagian dan berlangsung selama seminggu.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com