Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketegangan Meningkat, India Tutup Wilayah Kashmir dan Kirim 70.000 Tentara

Kompas.com - 05/08/2019, 11:37 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

NEW DELHI, KOMPAS.com - India menempatkan sebagian besar wilayah Kashmir yang disengketakan dalam penguncian, pada Senin (5/8/2019) pagi, di tengah penumpukan pasukan besar-besaran.

Ketegangan yang meningkat di wilayah India Kashmir dimulai sejak 10 hari terakhir, setelah pemerintah menempatkan sekitar 10.000 tentara ke kota perbatasan.

Namun sebuah sumber keamanan mengatakan kepada AFP, bahwa masih akan ada 70.000 tentara tambahan yang telah dikirim, dalam tingkatan yang disebut belum pernah terjadi sebelumnya.

"Sesuai dengan perintah, tidak akan ada pergerakan publik dan seluruh lembaga pendidikan juga akan ditutup," demikian pernyataan pemerintah negara bagian yang ditujukan kepada ibu kota India Kashmir, Srinagar, dan daerah di sekitarnya.

Baca juga: India Kirim 10.000 Tentara Paramiliter di Perbatasan Kashmir

"Akan ada larangan penuh terhadap segala bentuk pertemuan publik maupun demonstrasi selama periode perintah itu," lanjut pernyataan tersebut, yang dikutip AFP.

Seluruh universitas, sekolah, dan perguruan tinggi di Jammu, yang didominasi umat Hindu, telah diperintahkan untuk tutup dengan satu distrik di wilayah itu berada di bawah penguncian.

Sejumlah distrik besar lainnya yang ada di negara bagian mayoritas Muslim itu juga ditempatkan di bawah pembatasan, demikian diberitakan media lokal.

Jaringan seluler swasta, layanan internet, hingga sambungan telepon rumah telah diputus, dan hanya menyisakan satu jaringan seluler milik pemerintah yang masih beroperasi.

Seorang pejabat senior pemerintah mengatakan kepada AFP bahwa hampir 300 pejabat pemerintahan dan pejabat tinggi keamanan telah diberi telepon satelit untuk sarana komunikasi.

Baca juga: Ada Kabar Ancaman Teror di Kashmir, Wisatawan Diimbau Segera Pergi

Sebelum jaringan internet terputus, para mantan pemimpin senior dan politisi Kashmir yang menjabat saat ini, menuliskan lewat akun Twitter mereka bahwa mereka telah menjadi tahanan rumah.

"Saya yakin jika saya telah ditempatkan di bawah tahanan rumah mulai tengah malam ini dan prosesnya sudah dimulai untuk para pemimpin arus utama lainnya," tulis Omar Abdullah, mantan menteri kepala Jammu dan Kashmir, lewat twitnya.

Sementara di pusat kota Srinagar, salah seorang penduduk setempat mengatakan kepada AFP, bahwa pasukan pemerintah telah melemparkan "bom cabai", yang dapat mengganggu sistem pernapasan, ke ruas jalan-jalan yang kosong.

Situasi ketegangan di India Kashmir saat ini mengingatkan kembali situasi pembatasan serupa yang diberlakukan di wilayah itu pada tahun 2016, menyusul insiden pembunuhan seorang pemimpin pemberontak populer, yang memicu aksi turun ke jalan selama berbulan-bulan dan menewaskan hampir 100 orang.

Baca juga: Trump Mengaku Diminta Jadi Penengah Konflik Kashmir India dan Pakistan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com