Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jet Tempur Militer AS Jatuh di Taman Nasional, 7 Orang Luka

Kompas.com - 01/08/2019, 17:15 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber CNN,AFP

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Sebuah jet tempur militer milik Angkatan Udara Amerika Serikat dilaporkan jatuh di dekat taman nasional di California, Rabu (31/7/2019), dan melukai tujuh orang pengunjung taman.

Insiden itu dikonfirmasi pihak Angkatan Udara AS, yang menyebut jet tempur F/A-18E Super Hornet telah jatuh sekitar pukul 10.00 waktu setempat.

Disampaikan Letnan Komandan Lydia Bock, selaku pejabat urusan publik Joint Strike Fighter Wing, dalam pernyataannya, tim pencarian dan penyelamatan telah dikerahkan untuk memeriksa lokasi insiden, yang ada di timur pangkalan udara Angkatan Laut di California.

Dilaporkan National Public Radio (NPR), pesawat jet itu jatuh di Taman Nasional Death Valley dam tujuh pengunjung taman menderita cedera ringan akibat kecelakaan tersebut.

Baca juga: Jet Tempur Pasukan Khalifa Haftar Mendarat Darurat di Jalanan Tunisia

Pihak berwenang langsung menutup tempat parkir di dekat lokasi di taman nasional, yang terletak di perbatasan antara California dan Nevada.

Bock menambahkan, penyebab kecelakaan masih dalam penyelidikan. Sementara Los Angeles Times, dikutip AFP, menyebut bahwa kecelakaan terjadi setelah pilot pesawat jet mencoba melakukan manuver melalui ngarai, seperti dalam film fiksi Star Wars.

Taman Nasional Death Valley dikenal oleh para penggemar penerbangan sebagai Star Wars Canyon, setelah lokasi itu ditampilkan dalam salah satu film dari franchise Star Wars.

Umumnya, aturan yang berlaku tidak mengizinkan jet militer untuk terbang di atas taman nasional. Tetapi pengecualian dibuat di bagian Death Valley, yang menjadi taman nasional sejak 25 tahun lalu.

Bahkan, ngarai itu menjadi tempat yang populer untuk menyaksikan latihan penerbangan militer.

Seorang juru bicara kantor sherif Inyo County, Carma Roper, mengatakan kepada CNN bahwa mereka membantu mengamankan daerah itu sampai militer tiba di tempat kejadian.

Baca juga: Ingin Ganti Jet Tempur Buatan Soviet, Bulgaria Beli 8 Unit F-16 AS

Stasiun Senjata Udara Angkatan Laut China Lake merupakan instalasi militer besar yang bertugas mendukung program penelitian, pengujian, dan evaluasi Angkatan Laut AS.

Stasiun senjata itu terletak di wilayah Gurun Mojave Barat California, sekitar 200 meter sebelah utara Los Angeles.

Jet tempur F/A-18 menjadi tulang punggung armada jet Angkatan Laut dan varian dari pesawat Super Hornet yang mulai dioperasikan pada 2001.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN,AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com