Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korsel Tahan Tentara Korut yang Membelot Lewat Zona Demiliterisasi

Kompas.com - 01/08/2019, 15:10 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

SEOUL, KOMPAS.com - Seorang tentara Korea Utara (Korut) dilaporkan ditahan militer Korea Selatan (Korsel) setelah membelot dan melewati zona demiliterisasi (DMZ).

Lebih dari 30.000 orang Korut telah kabur ke Selatan sejak Perang Korea yang memisahkan dua negara 65 tahun silam karena himpitan ekonomi, menurut keterangan Seoul.

Baca juga: Kunjungi Zona Demiliterisasi Korea, Trump Bakal Bertemu Kim Jong Un

Dilansir AFP Kamis (1/8/2019), kebanyakan dari warga Korut membelot ke negara tetangga sekaligus sekutu mereka, China, sebelum ke Korsel via negara ketiga.

Hanya segelintir yang melewati zona demiliterisasi. Kawasan yang tidak hanya sudah dipasangi dengan banyak ranjau, namun juga dijaga dengan ketat di kedua sisi.

Pada November 2017, seorang tentara Korut menjadi perbincangan global ketika dia merangsek menuju desa perbatasan Panmunjom dan dihujani rentetan tembakan.

Dalam keterangan Kantor Staf Gabungan Korsel, tentara itu terlihat di DMZ pada Rabu malam waktu setempat (31/7/2019) di arah selatan setelah melewati Garis Demarkasi Militer.

Militer Korsel menuturkan prajurit yang masih belum diketahui identitasnya itu kemudian ditahan "sesuai dengan prosedur" setelah sebelumnya diinterogasi.

"Tidak ada gerakan dari militer Korut yang terlihat secara signifikan," kata Seoul yang menambahkan, mereka masih belum mengetahui motif prajurit itu.

Lebih lanjut, selama ini yang diberitakan adalah warga Korut yang menyeberang ke Korsel. Karena itu, jika ada yang melakukan sebaliknya sangatlah mengejutkan.

Pada Juli lalu, seorang pria berusia 72 tahun memutuskan untuk tinggal di Korut mengikuti jejak orangtuanya yang lebih dulu membelot pada 1980-an silam.

Di masa lampau, beberapa warga Korsel memutuskan berpindah ke Korut karena masalah ekonomi. Namun mereka dikembalikan setelah mempunyai sedikit "nilai propaganda".

Baca juga: Mengintip Zona Demiliterisasi di Korea

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com