Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Texas Ditahan di Bandara AS karena Bawa "Oleh-oleh" Peluncur Rudal

Kompas.com - 30/07/2019, 08:02 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Seorang pria Texas ditahan otoritas bandara di Washington, Amerika Serikat (AS), setelah membawa peluncur rudal yang dia klaim sebagai "oleh-oleh".

Menurut juru bicara Dinas Keamanan Transportasi AS (TSA) Lisa Farbstein, pria itu ditahan di Bandara Internasional/Baltimore Washington pagi waktu setempat.

Baca juga: Erdogan Sebut Atas Izin Tuhan, Sistem Rudal S-400 Beroperasi April 2020

"Pria itu beralasan membawa peluncur rudal sebagai oleh-oleh dari Kuwait. Dia seharusnya membeli gantungan kunci," kata Farbstein dilansir AFP Senin (29/7/2019).

Adapun dalam pernyataan resmi yang dirilis, TSA menuturkan pria yang ditahan itu mengaku sebagai tentara aktif dan saat ini tinggal di Jacksonville.

"Untungnya, benda itu tidak aktif sehingga langsung diserahkan kepada otoritas dinas kebakaran supaya diamankan. Adapun si pria diizinkan melanjutkan penerbangan," kata TSA.

Dinas itu kemudian merilis gambar yang nampaknya merupakan tabung peluncur rudal jenis Griffin yang disebut akurat dan tidak menimbulkan banyak korban.

Menurut keterangan pabrikan senjata Raytheon, rudal dengan sistem pandu laser maupun GPS itu punya sejarah mentereng baik di darat, laut, dan udara.

Namun TSA menegaskan bahwa peluncur rudal itu tidak bisa diintegrasikan di dalam tas. "Senjata militer tidak diperkenankan dibawa di tas saat ke bandara."

Baca juga: Iran Uji Coba Rudal Balistik yang Bisa Meluncur Sejauh 1.000 Km

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com