Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wakil Pemimpin Taliban Mullah Abdul Ghani Baradar Pimpin Delegasi ke Indonesia

Kompas.com - 28/07/2019, 15:32 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

KABUL, KOMPAS.com - Delegasi Taliban yang dipimpin oleh salah satu pendiri sekaligus wakil pemimpin Mullah Abdul Ghani Baradar telah bertolak dari Qatar menuju Indonesia.

Diumumkan kelompok tersebut, pada Jumat (26/7/2019), kunjungan itu dalam rangka menghadiri Konferensi Ulama dan Cendekiawan Muslim yang akan dihadiri delegasi dari Afghanistan, Pakistan, dan Indonesia, di mana Jakarta akan menjadi tuan rumah agenda yang digelar akhir bulan ini.

Kepastian kehadiran delegasi Taliban dalam konferensi itu sebagai jawaban atas dukungan yang terus ditawarkan pemerintah dan para cendekiawan Islam dari Indonesia.

Disampaikan juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahed, melalui media sosial, bahwa delegasi yang beranggotakan delapan orang itu akan dipimpin langsung oleh Mullah Abdul Ghani Baradar dan telah berangkat pada Jumat lalu.

Baca juga: Pejabat Senior Taliban: Para Pemberontak Tetap Ingin Perdamaian

"Selama perjalanan ini pembicaraan akan diadakan di tengah hubungan politik yang baik antara kedua negara, perdamaian dan pentingnya kerja sama masa depan dengan Afghanistan," kata Mujahed, dikutip Anadolu Agency.

Sebelumnya, Direktur Jenderal untuk Asia, Pasifik, dan Afrika di Kementerian Luar Negeri Indonesia, Desra Percaya, telah berkunjung ke Kabul, pada awal bulan ini sehubungan dengan agenda konferensi yang akan digelar di Jakarta.

Menurut Dewan Keamanan Nasional Afghanistan, perwakilan pejabat itu telah membahas kemitraan Indonesia dalam proses perdamaian, konferensi Ulama, serta dialog perempuan Indonsesia, selama perjalanannya ke Kabul.

Sebelumnya di bulan Mei, Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Lestari, juga telah bertemu dengan Baradar di Doha, ibu kota Qatar.

Di tengah upaya percepatan proses perdamaian yang baru lahir, perang terus berkecamuk dan merengut semakin banyak nyawa di Afghanistan, dengan perang antara pihak yang saling bertikai.

Upaya pembicaraan damai lain juga tengah diupayakan Amerika Serikat dengan Taliban, namun menuai kritikan dari pemerintah Afghanistan yang merasa tidak pernah dilibatkan dalam proses perdamaian.

Sementara itu dilaporkan, delegasi Taliban yang dipimpin Mullah Abdul Ghani Baradar tersebut telah tiba di Jakarta, pada Sabtu (27/7/2019).

Baca juga: Trump Sebut AS Bisa Hapus Afghanistan dari Bumi, Ini Reaksi Taliban

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com