Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkat Bocah Usia 5 Tahun, 13 Orang Selamat dari Kebakaran

Kompas.com - 28/07/2019, 13:54 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Fox News

CHICAGO, KOMPAS.com - Seorang bocah berusia lima tahun disebut telah berjasa menyelamatkan 13 orang dari kebakaran yang melanda sebuah rumah di Chicago, pada Sabtu (27/7/2019) dini hari.

Bocah bernama Jayden Espinoza yang sedang menginap di apartemen bibinya di South Marshfield Avenue, terbangun sekitar pukul 04.00 dini hari dan menyadari adanya asap.

Bocah itu lantas dengan sigap berteriak membangunkan bibinya dan semua orang yang tengah terlelap kamar mereka di lantai dua gedung apartemen.

"Aku berteriak ke bibi ada api. Aku berkata apinya muncul dari dapur," kata Jayden kepada WGNTV.

Baca juga: Bocah Tewas di Ulang Tahun ke-11 akibat Kebakaran Perkemahan Musim Panas Rusia

Kedua orangtua Jayden, pasangan Tracey dan Kashmir sedang berada di kediaman mereka di Northwest Side saat mendengar insiden yang terjadi di rumah kerabat mereka, di mana anak-anak mereka sedang menginap.

Pasangan itu pun bergegas ke lokasi kejadian dan mendapati putranya, Jayden dalam keadaan baik-baik saja. Saat itulah mereka mendengar tindakan berani anak mereka.

Menurut ibundanya, Tracey, Jayden pernah mendapatkan pelatihan simulasi kebakaran di sekolahnya, sehingga sedikit banyak tahu tentang cara menyelamatkan diri dari gedung yang terbakar.

"Saat putri saya bangkit dari tidurnya dan mencoba berdiri, Jayden berkata, 'Tidak, kamu harus merangkak dan terus bergerak'," kata Tracey menceritakan kepahlawanan putranya.

Api membakar bangunan apartemen yang ditinggali 13 orang itu, termasuk enam anak-anak. Api diduga berasal dari bagian belakang gedung, kemungkinan besar di dekat garasi.

Api menyebar dengan cepat dan mencapai teras gedung dari kedua isi. Beruntung Jayden terbangun sebelum api membesar dan seluruh penghuni gedung sempat menyelamatkan diri.

Baca juga: Kebakaran Hutan di Portugal, 1.700 Petugas Pemadam Dikerahkan

"Saya sangat terkejut. Saya bersyukur karena saya tidak pernah mengharapkan hal seperti ini terjadi. Anak saya menjadi pahlawan, yang menyelamatkan hidup semua orang," ujar Tracey.

Tujuh orang dewasa dan enam anak-anak yang berhasil lolos dari kebakaran segera mendapat pemeriksaan medis.

Pihak Departemen Kebakaran Chicago mengatakan, sumber api kebakaran diduga berasal dari produk rokok. Disebutkan bahwa matras yang ada di luar gedung telah terbakar, namun tidak mengatakan bahwa kebakaran tersebut disengaja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Fox News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com