Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Desa Polandia Ini, Punya Anak Laki-laki Bakal Diberi Hadiah

Kompas.com - 26/07/2019, 15:37 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

WARSAWA, KOMPAS.com — Miejsce Odrzanskie, sebuah desa kecil di selatan Polandia dan berbatasan dengan Republik Ceko, dilaporkan menawarkan hadiah bagi warga yang mempunyai anak laki-laki.

Sebab, seperti dilansir Oddity Central Kamis (25/7/2019), tidak ada anak laki-laki yang lahir di sana dalam sembilan tahun terakhir, dengan bocah termuda berusia 12 tahun.

Tidak ada yang tahu, tetapi pasangan di Miejsce Odrzanskie tidak punya putra. Kebanyakan dari penduduk dengan total populasi 300 orang itu adalah perempuan.

Baca juga: Tak Punya Anak Laki-laki, Perempuan Ini Dibunuh Keluarganya

Kepala Desa Rajmund Frischko kepada jurnalis berujar anomali itu tidak terjadi baru-baru ini setelah memeriksa catatan sejarah dan akta kelahiran yang ada.

Dia juga berjanji bakal memberi hadiah kepada pasangan pertama yang melahirkan anak laki-laki. Dia menuturkan apa yang dikatakan tetua desa mempunyai bukti.

"Di desa ini, anak perempuan terus lahir, sementara bocah laki-laki begitu jarang. Bagaimana menjelaskan teka-teki ini pun saya tidak tahu," kata Frischko.

Tomasz Golasz yang merupakan relawan pemadam kebakaran, di mana sebagian stafnya juga perempuan, mengatakan dia pernah berpikir untuk punya putra.

Namun, setelah mempertimbangkan sejarah desa itu, maka hasratnya untuk punya putra. Adapun Golasz adalah ayah dari dua gadis.

"Ini sudah terjadi selama beberapa dekade," ujarnya. Dia seorang pendatang yang menikah dengan perempuan setempat dan dikaruniai dua putri.

"Saya tentu senang mempunyai putra. Namun kelihatannya peluangnya kecil. Tetangga kami juga pernah mencoba. Namun nampaknya mereka malah punya anak perempuan," katanya.

Kabar tentang anomali itu pun menjadi viral di Polandia pekan ini dan memantik perhatian Kepala Genetik Medis Universitas Warsawa Profesor Rafal Ploski.

Ploski menuturkan perlu melihat catatan sejarah sekaligus mengecek statistik kelahiran untuk mengungkap apakah orangtua dari gadis itu mempunyai keterkaitan.

"Langkah berikutnya adalah melakukan wawancara akurat dengan orangtua dan anak dan melihat iklim sekitar. Baru dari sana misteri itu bisa terpecahkan," kata Ploski.

Hingga jawabannya ditemukan Frischko yang juga ayah dua putri. Dia bakal memberikan hadiah bagi setiap warga yang mempunyai anak laki-laki.

Dia tidak menyebutkan hadiah tersebut, tetapi menjanjikan pasangan itu bakal melihat hadiah tersebut sangat "menarik".

Baca juga: Mayat Anak Laki-laki Terbungkus Kantong Plastik Diduga Korban Penganiayaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com