Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Tuduh Pilot Jet Tempur F-16 Korsel Bermanuver Tak Profesional terhadap Pesawat Pembom

Kompas.com - 23/07/2019, 20:18 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia menuduh Korea Selatan (Korsel) sudah bertindak tidak profesional sekaligus menyanggah tuduhan bahwa mereka melanggar wilayah udara.

Melalui keterangan tertulisnya, Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan dua pesawat pembom strategis Tupolev Tu-95 terbang di wilayah netral Laut Jepang.

Baca juga: Langgar Wilayah Udara Korea Selatan, Jet Tempur Rusia Disambut Tembakan Peringatan

Diwartakan Russian Today Selasa (23/7/2019), di saat terbang itulah dua pesawat bomber itu bertemu dengan sepasang jet tempur F-16 yang dikerahkan Seoul.

"Jet tempur F-16 telah menampilkan manuver ketika melintasi pesawat kami. Mereka juga membahayakan keselamatan sendiri," demikian keterangan kementerian.

Pilot jet tempur buatan AS itu juga tak berusaha berkomunikasi dengan kru Tu-95. Dilansir AFP, mereka membantah mendapat tembakan peringatan dari Korsel.

Moskwa menyatakan dua jet tempur F-16 mendekati pesawat pembom itu dekat Dokdo, sebuah pulau yang dikelola Seoul namun diklaim oleh Jepang sebagai Takeshima.

Kementerian menjelaskan pembomnya tidak menyimpang dari jalur dan berada lebih dari 25 kilometer jauhnya dari pulau yang menjadi kawasan sengketa.

"Ini bukan kali pertama pilot Korsel berusaha mencegat pesawat Rusia namun gagal di atas perairan netral Laut Jepang," ujar kementerian pertahanan.

Rusia melanjutkan, mereka tidak mengakui Laut Jepang sebagai wilayah Tokyo maupun Korsel. Mereka mengklaim berkomunikasi dengan Korsel lewat beberapa saluran.

"Pada akhir insiden itu, jet tempur Korsel hanya menembakkan suar dan kemudian berlalu," ujar Kremlin yang kembali membantah mereka dapat tembakan peringatan.

Sebelumnya, pejabat dari Kepala Staf Gabungan Korsel mengungkapkan, mereka mengerahkan armada udara dan memberi tembakan peringatan setelah zona udara mereka.

Pesawat itu melintas tepat setelah pukul 09.00 pagi waktu setempat dengan tiindakan pelanggaran itu diberitakan berlangsung selama sekitar tiga menit.

Baca juga: Hendak Dikeluarkan AS dari Jet Tempur F-35, Turki Cari Alternatif Lain

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com