Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Sebut 4 Perempuan Anggota Kongres AS Harus Minta Maaf pada Amerika

Kompas.com - 22/07/2019, 08:39 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali membuat pernyataan yang menyerang empat perempuan anggota Kongres AS dari kalangan minoritas.

Setelah pekan lalu membuat pernyataan yang dianggap rasial di media sosial Twitter, kali ini Trump kembali menyerang keempat anggota Kongres dari Partai Demokrat itu.

Trump mendesak kepada empat perempuan anggota Kongres dari Partai Demokrat yang berasal dari kelompok minoritas untuk meminta maaf kepada warga dan negara Amerika atas perkataan penuh kebencian yang mereka sampaikan.

"Saya tidak percaya keempat wanita anggota Kongres itu mampu mencintai negara kita," tulis Trump dalam twitnya, pada Sabtu (21/7/2019) malam, yang ditujukan kepada Alexandria Ocasio-Cortez, Rashida Tlaib, Ilhan Omar, dan Ayanna Pressley.

Baca juga: Trump Tidak Peduli Jika Dirinya Dianggap Rasial

"Mereka harus meminta maaf kepada Amerika (dan Israel) atas hal-hal mengerikan (dan kebencian) yang mereka katakan."

"Mereka menghancurkan Partai Demokrat, tetapi mereka adalah orang-orang yang lemah dan tidak aman, yang tidak akan pernah dapat menghancurkan Negara besar kita!" lanjut Trump dalam twitnya.

Komentar Trump itu datang hanya sepekan usai presiden berusia 73 tahun itu memicu kecaman karena menyerang anggota parlemen berhaluan kiri dengan serangkaian twit dan mengatakan mereka harus "kembali" ke negara asal mereka.

Tiga dari empat wanita anggota Kongres yang diserang Trump merupakan kelahiran Amerika, meski memiliki garis keturunan Hispanik, Arab, Somalia, dan Afrika-Amerika.

Serangan twit Trump itu telah mendapat teguran dari Dewan Perwakilan Rakyat AS yang dikendalikan Demokrat, pada Selasa (16/7/2019), setelah dianggap rasial.

Namun Trump membantah dirinya telah bertindak rasis dengan menyebut dia tidak memiliki tulang rasis dalam dirinya.

Baca juga: Bantah Tuduhan Rasisme, Trump: Saya Tak Punya Tulang Rasis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com