Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Punya Bukti Kuat Tembak Jatuh Drone Iran

Kompas.com - 21/07/2019, 09:26 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Amerika Serikat (AS) melalui seorang pejabatnya menyatakan mereka punya bukti bahwa drone Iran telah ditembak jatuh di Selat Hormuz.

"Kami punya bukti yang sangat jelas," ujar si pejabat yang tidak disebutkan namanya seraya menambahkan, terdapat juga bukti video untuk memperkuat keterangan mereka.

Baca juga: Bantah Klaim Trump, Iran Rilis Foto dari Drone Mereka

Dia menambahkan seperti dilansir AFP Sabtu 920/7/2019), drone Iran telah terbang terlalu dekat dengan kapal perang AS. "Jika Anda terbang terlalu dekat, Anda bakal ditembak jatuh," tegasnya.

Selama Jumat (19/7/2019), Pentagon tidak merilis keterangan apakah mereka mempunyai bukti video atau foto yang memperlihatkan drone Iran itu.

Sebelumnya pada Kamis (18/7/2019), Presiden Donald Trump menyatakan kapal perang USS Boxer menghancurkan drone Iran di Selat Hormuz karena terbang terlalu dekat.

Militer Iran membantah klaim tersebut dengan mengatakan "tak berdasar dan mengkhayal". Namun, mereka mengakui ada satu drone mereka yang terbang di dekat kapal perang AS.

"Seluruh drone Iran sudah kembali dengan selamat ke pangkalan," demikian pernyataan dari juru bicara militer, Brigadir Jenderal Abolfazl Shekarchi.

Kawasan Teluk dan Selat Hormuz, jalur pelayaran terpenting dalam perdagangan minyak dunia, menjadi panas situasinya sepanjang dua bulan terakhir.

Keadaan itu muncul sejak Trump mengumumkan keluar dari kesepakatan nuklir Iran yang dibuat oleh pendahulunya, Barack Obama, pada Mei tahun lalu.

Trump kemudian mengatakan dia menarik perintah serangan udara sebagai balasan setelah Iran menghancurkan drone AS karena dituduh melanggar wilayah udara mereka.

Baca juga: AS Klaim Tembak Jatuh Drone Iran, Teheran: Trump Berkhayal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com