Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Jokowi, BJ Habibie Jadi Sosok Paling Dikagumi di Indonesia Versi YouGov

Kompas.com - 19/07/2019, 17:42 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber yougov

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Presiden RI Bacharuddin Jusuf Habibie, atau dikenal juga sebagai BJ Habibie, menjadi sosok paling dikagumi di Indonesia versi YouGov.

Dalam jajak pendapat yang dirilis pada Kamis (18/7/2019), presiden ketiga RI itu berada di urutan pertama dengan skor kekaguman mencapai 1,19 persen.

Baca juga: Dikagumi Jokowi, Stadion Papua Bangkit Rampung Mei 2019

BJ Habibie berada di atas Presiden RI saat ini, Joko Widodo (Jokowi) dengan tingkat kekaguman masyarakat mencapai 14.12 persen, atau berselisih 1,07 persen.

Sementara dari figur perempuan, nama Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melejit di tempat teratas dengan 16,41 persen rakyat Indonesia mengaguminya.

Dia unggul cukup jauh dari koleganya di Kabinet Kerja Jokowi, Menteri Keuangan Sri Mulyani yang harus puas di posisi tiga dengan tingkat kekaguman 11,52 persen.

YouGov, situs penyedia opini publik dari seantero dunia asal Inggris itu memulai jajak pendapat dengan mengajukan nominasi terbuka pada Desember 2018.

"Pikirkan orang yang hidup saat ini, baik pria atau perempuan, siapa yang paling Anda kagumi," begitulah isi pertanyaan dari YouGov kepada panelis.

Dari kuesioner itu, YouGov kemudian mengumpulkan 20 figur masing-masing pria dan perempuan yang paling banyak mendapat nominasi di setidaknya empat negara.

Setelah itu, mereka kembali melakukan survei sepanjang Maret hingga Juni lalu kepada 41 negara dengan mengajukan dua pertanyaan. Pertama adalah "Siapa yang Anda Kagumi?"

Di pertanyaan tersebut, panelis bisa mendapat sejumlah pilihan. Setelah itu, terdapat pertanyaan yang berbunyi "Siapa yang PALING Anda Kagumi?"

Dua item pertanyaan itu kemudian dikombinasikan untuk memperoleh persentase kekaguman, termasuk juga di dalamnya adalah figur publik maupun selebritis.

"Dengan mengajukan dua pertanyaan kepada responden, kami bisa memahami luasnya (yaitu cakupan dunia), serta intensitas dukungan seseorang," ulas YouGov di situs resminya.

Baca juga: Habibie: Anak Muda Harus Tampil, Bukan Saat Ujian Doang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber yougov
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com