Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Bau Asing, Penumpang NordWind Airlines Dievakuasi di Rusia

Kompas.com - 19/07/2019, 16:58 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP,TASS

MOSKWA, KOMPAS.com - Awak kabin pesawat maskapai NordWind Airlines memerintahkan penumpang untuk melakukan evakuasi di bandara Rusia setelah muncul bau asing di kabin.

Menurut keterangan maskapai asal Armenia itu, pesawat jenis Boeing 737 awalnya dijadwalkan untuk lepas landas dari Bandara Sheremetyevo, Moskwa, pagi waktu setempat.

Baca juga: Heboh, Ikan Mati dan Bau Menyengat Muncul dari Irigasi di Bantul

"Pukul 00.45 waktu Moskwa, bau aneh tercium di kabin ketika pesawat menaikkan kecepatan di landasan pacu ketika bau asing tercium," ujar maskapai dikutip TASS Jumat (19/7/2019).

Mengutip kapten pesawat seperti dilansir AFP, Bandara Sheremetyevo menjelaskan terdapat asap namun tidak diketemukan adanya api di dalam pesawat.

Karena insiden itu, awak kabin memutuskan untuk membatalkan penerbangan, meninggalkan landasan pacu, mematikan mesin, dan segera memerintahkan penumpang keluar.

"Awak kabin menggunakan seluncur darurat untuk mengeluarkan penumpang yang terdiri dari 162 orang dewasa dan 11 anak-anak," demikian keterangan maskapai.

Sebagai dampak dari adanya bau di pesawat NordWind Airlines, lima penumpang harus mendapat perawatan dengan dua di antaranya dilarikan ke rumah sakit.

Berdasarkan laporan awal, para penumpang mengalami luka gores karena proses evakuasi. Satu penumpang menderita dislokasi engkel, sedangkan yang lain mengalami hipertensi.

Bandara melanjutkan, penerbangan terpaksa dialihkan di mana para penumpang yang memutuskan untuk meneruskan bertolak ke Yerevan mengalami penurunan.

"Terdapat 145 penumpang yang teregistrasi. Sebanyak 28 orang memutuskan untuk membatalkan perjalanan mereka, termasuk dua orang yang dibawa ke rumah sakit," ujar bandara.

Mei lalu, 41 orang tewas ketika pesawat maskapai Rusia Aeroflot jenis Sukhoi Superjet 100 melakukan pendaratan darurat dan terbakar di Sheremetyevo.

Baca juga: Karena Bau Badan Penumpang, Pesawat Maskapai Ini Mendarat Darurat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP,TASS
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com