Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama 40 Tahun, Pria Ini Tak Keramas dan Potong Rambut

Kompas.com - 19/07/2019, 10:24 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

PATNA, KOMPAS.com - Seorang pria di Negara Bagian Bihar, India, menjadi viral dan perbincangan setelah mengaku tidak potong rambut dan keramas selama puluhan tahun.

Sakal Dev Tuddu, pria dari desa Mandada, mengklaim dia sudah menumbuhkan rambutnya sejak umur 22 tahun. Dengan usia saat ini 63 tahun, berarti dia sudah memanjangkan selama 40 tahun.

Baca juga: Keramas Pakai Bensin untuk Hilangkan Kutu, Gadis 16 Tahun Ini Terbakar

Karena sebuah alasan, suatu kali dia tidak memotong rambutnya selama satu tahun dan ketika dia bangun, rambutnya sudah terjalin menjadi 'jatta (dreadlock).

Dilansir Oddity Central Kamis (18/7/2019), dia melihat rambutnya adalah anugerah dari dewa Hindu Siwa. Jadi sejak saat itu dia tidak keramas maupun memotongnya.

Saat ini, rambut jatta-nya tumbuh mengesankan hingga 1,8 meter hingga mencapai ke jalan. Agar tidak makin kotor, dia membungkus rambutnya dengan kain setiap keluar.

Sejak memutuskan memanjangkan rambut, Sakal mendapat julukan sebagai "Mahatma Ji" di masyarakat Mandada, dan dipercaya mempunyai kemampuan penyembuh.

Dilaporkan orang datang dari berbagai penjuru India untuk mendapatkan ramuan yang terbuat dari bahan herbal. Meski begitu, dia bukan orang pertama yang viral karena rambut.

Pada 2016 silam, terdapat pria di Gujarat bernama Savjibhai Rathwa, yang mempunyai gaya rambut dreadlock dengan panjang hingga mencapai 19 meter.

Baca juga: Umrah, Jokowi Potong Rambut Iriana, Dua Putranya, dan Moeldoko

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com