Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Pesan Tersembunyi dalam Uang Kertas Baru Inggris Bergambar Alan Turing, Apa Saja?

Kompas.com - 19/07/2019, 07:27 WIB
Retia Kartika Dewi,
Agni Vidya Perdana

Tim Redaksi

LONDON, KOMPAS.com - Bank Sentral Inggris belum lama ini telah mengumumkan bakal menerbitkan lembaran uang pecahan 50 poundsterling baru.

Uang pecahan baru itu akan menampilkan sosok ilmuwan Inggris yang berperan besar dalam Perang Dunia II, Alan Turing.

Menurut Gubernur Bank Sentral Inggris, Mark Carney, dipilihnya ilmuwan tersebut tak lepas dari pencapaian Turing yang memberi dampak besar terhadap masyarakat Inggris.

"Sebagai bapak ilmu komputer dan kecerdasan buatan, selain juga pahlawan perang, kontribusi Alan Turing benar-benar melampaui segalanya," ujar Carney.

Ilmuwan yang meninggal pada 7 Juni 1954 itu dianggap telah berjasa menyelamatkan banyak nyawa selama Perang Dunia II melalui mesin ciptaannya yang mampu memecahkan Enigma atau mesin kode Nazi Jerman.

Baca juga: Ilmuwan Pemecah Kode Nazi Jerman Ini Bakal Muncul di Pecahan 50 Poundsterling Inggris

Dan selayaknya kehidupan Alan Turing yang dekat dengan kode-kode rahasia, di dalam lembaran uang 50 poundsterling baru tersebut ternyata juga menyimpan sejumlah kode dan pesan tersembunyi. Apa saja?

1. Kode Biner Hari Ulang Tahun

Desain lembaran uang 50 poundsterling baru itu pertama kali diperlihatkan kepada publik pada Senin (15/7/2019) lalu di Museum Sains dan Industri Manchester.

Terdapat beberapa elemen dalam desain itu yang menarik untuk diperhatikan. Salah satunya adalah rangkaian angka 1 dan 0 yang tersusun dalam pita di samping foto Alan Turing.

Seperti diketahui, angka 1 dan 0 digunakan untuk kode biner yang merupakan bahasa komputasi untuk menggantikan huruf dan abjad.

Lantas apa makna rangkaian kode biner dalam desain uang baru itu? Rasa penasaran itupun mengundang para warganet untuk menebak-nebak.

Salah seorang pengguna Twitter pun mengaku kebingungan karena rangkaian kode itu terlalu singkat dan tidak terbaca "Turing" maupun "Sains".

Menanggapi komentar dari warganet, pihak Bank Sentral Inggris mengonfirmasi makna kode tersebut yang merupakan referensi tanggal kelahiran Turing, yakni 23 Juni 1912.

2. Formula dan Mesin Pemecah Kode Turing

Selain pita dengan kode biner, dalam desain uang tersebut juga terdapat tabel formula. Tabel tersebut merupakan rumusan penting yang ditulis Turing pada 1936.

Sementara pada bagian latar belakang, terdapat foto konsep mesin yang dikembangkan Turing bersama timnya, yang mampu membaca kode biner.

3. Foto dan Tanda Tangan dari Tahun yang Berbeda

Terakhir, adalah foto sosok Alan Turing dan coretan tanda tangannya. Diketahui foto dan tanda tangan tersebut diambil dari tahun yang berbeda.

Diungkapkan pihak Bank Sentral Inggris, foto Alan Turing dalam lembaran uang itu merupakan foto yang diambil pada tahun 1951.

Sementara tanda tangan yang ada di sisi kanan bawah merupakan tanda tangan Turing saat mengisi buku pengunjung di Bletchley Park, Inggris pada tahun 1947.

Di bagian bawah foto dan tanda tangan Turing terdapat kalimat yang merupakan kutipan dari ilmuwan itu yang artinya kurang lebih, "Ini hanya rasa permulaan dari apa yang akan datang, dan hanya bayangan dari apa yang akan terjadi."

Uang kertas 50 poundsterling baru dengan gambar Alan Turing ini akan mulai diedarkan Bank Sentral Inggris pada akhir 2021 mendatang.

Baca juga: Surat Penting Alan Turing Ditemukan, Ada Tulisan, Saya Benci Amerika

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com