Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebut Penumpang Lain Teroris, 2 Perempuan Diturunkan Paksa dari Pesawat

Kompas.com - 18/07/2019, 10:52 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

DALAMAN, KOMPAS.com - Dua perempuan terpaksa diturunkan dari pesawat yang hendak terbang setelah mereka menyebut tiga orang pria Muslim sebagai teroris dan ancaman bagi penerbangan mereka.

Insiden tersebut terjadi dalam penerbangan Thomas Cook, yang hendak terbang dari bandara di Dalaman, Turki, menuju bandara Gatwick di London, Inggris, pada Jumat (12/7/2019) pekan lalu.

Dalam rekaman video yang diambil penumpang pesawat dan tersebar di dunia maya, terlihat saat salah satu dari dua perempuan, yang diyakini asal Inggris, diantar seorang awak kabin untuk meninggalkan pesawat.

Dilansir The Mirror, kejadian bermula dari dua perempuan penumpang yang mengeluh kepada awak kabin tentang tiga penumpang pria yang mengenakan pakaian jubah Muslim panjang.

Baca juga: Bercanda Akan Ledakkan Pesawat, 18 Penumpang British Airways Diturunkan Paksa

Perempuan yang tidak diungkapkan identitasnya itu lantas meminta agar pihak maskapai menurunkan tiga pria tersebut yang disebutnya "teroris" dan menjadi "ancaman" bagi penerbangan.

Namun keluhan kedua perempuan itu justru berujung pada keduanya yang diturunkan dari dalam pesawat.

"Seorang penumpang dalam penerbangan Thomas Cook menolak untuk berada satu pesawat dengan tiga pria berjanggut yang mengenakan jubah panjang putih," tulis Mario Van Poppel, salah seorang penumpang lain, di media sosial Twitter.

Penumpang lainnya, Shanea Kerry, yang ada di dalam pesawat saat insiden terjadi, mengatakan jika dua perempuan itu berusaha membuat tiga penumpang pria agar diturunkan dari pesawat.

"Mereka menuju bagian depan kabin dan berbicara dengan kru penerbangan dan berusaha agar tiga orang pria diturunkan dengan menyebut mereka sebagai 'ancaman' dan 'menjijikkan'," ujar Kerry.

Namun bukannya membuat ketiga penumpang pria itu diturunkan, kru penerbangan justru meminta keduanya untuk meninggalkan pesawat.

"Sambil berjalan meninggalkan pesawat, mereka menyebut kami bodoh karena tetap tinggal di dalam pesawat bersama tiga pria itu, sementara penumpang lain menyoraki keduanya dan menyebut mereka rasis," tambahnya.

Baca juga: Berpakaian Kurang Pantas, Gadis Ini Nyaris Diturunkan dari Pesawat

Sementara itu, pihak maskapai Thomas Cook, dalam pernyataannya kepada The Mirror, membenarkan bahwa ada dua penumpang pesawat yang diturunkan dari penerbangan dengan nomor MT105 dari Dalaman menuju Gatwick, London, karena perbuatan tak sopan di dalam pesawat.

"Dua penumpang pada penerbangan MT105 dari Dalaman menuju Gatwick London telah dipindahkan dari dalam pesawat oleh petugas polisi karena bertindak tidak sopan di pesawat."

"Keselamatan pelanggan kami dan para kru penerbangan adalah selalu menjadi prioritas kami, dan kami tidak menerima perilaku seperti itu di dalam pesawat kami."

"Kami juga meminta maaf kepada para pelanggan atas keterlambatan yang dialami dalam penerbangan mereka," bunyi pernyataan pihak maskapai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com