Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Nor Diana, Remaja Putri asal Malaysia di Dunia Gulat Profesional

Kompas.com - 17/07/2019, 19:20 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

PUCHONG, KOMPAS.com - Meski berjilbab dan memiliki postur tubuh yang mungil, hal itu tidak menghalangi Nor Diana, gadis berusia 19 tahun asal Malaysia, untuk menggeluti dunia gulat.

Nor yang mengenakan kostum dan jilbab hitam dengan ornamen oranye, serta celana panjang bermotif api, menggunakan nama julukan "Phoenix" saat di atas ring.

Memiliki tinggi badan 155 sentimeter dan berat 43 kilogram, Nor mengandalkan kecepatan dan ketangkasannya untuk menghadapi lawan-lawannya.

Dia pun mengaku tidak peduli dengan kritik yang ditujukan terhadap dirinya. Kini, Nor menjadi pembicaraan di media sosial dan telah memacu minat kaum wanita terhadap olahraga itu.

''Meskipun saya seorang Muslim, dan mengenakan jilbab, tidak ada yang bisa menghentikan saya dari melakukan apa yang saya senangi," ujarnya dari atas ring.

Baca juga: Viral Anggota Polisi Gulat dengan Pria Berbadan Kekar

Nor ambil bagian dalam persatuan lokal, Malaysia Pro Wrestling (MyPW), yang mirip dengan World Wrestling Entertainment (WWE) yang populer dari Amerika Serikat.

Seperti halnya WWE, pertandingan MyPW juga seperti pertunjukan teater, dengan atlet yang bersaing satu sama lain dalam pertarungan yang sudah ditentukan hasilnya sebelumnya.

Nor Diana, nama samaran yang digunakan karena dia lebih suka tidak mengungkapkan identitas aslinya, tampak berbeda 180 derajat jika di luar ring. Dia pemalu, bersuara lembut, dan sehari-hari bekerja di rumah sakit.

Tetapi saat mengenakan kostum gulatnya, dia akan berubah menjadi sosok "Phoenix" yang menakutkan.

Nor Diana (kiri), bukan nama sebenarnya, satu dari sedikit perempuan Muslim asal Malaysia yang menekuni bidang gulat profesional.AFP / MOHD RASFAN Nor Diana (kiri), bukan nama sebenarnya, satu dari sedikit perempuan Muslim asal Malaysia yang menekuni bidang gulat profesional.
"Sebagai 'Phoenix', saya adalah seseorang yang sama sekali berbeda. Dia mungkin kecil, tetapi dia bisa melakukan hal-hal yang tidak bisa dibayangkan orang," kata Nor saat wawancara dengan AFP di pusat latihan gulat di Puchong.

"Saat berada di atas ring, dia akan bergerak cepat dan selalu ingin menang," tambahnya.

Nor mengisahkan, dirinya pertama kali terjun ke dunia gulat dengan menjalani pelatihan pada akhir 2015.

Dia mengaku telah memimpikan menjadi seorang pegulat sejak remaja dan dia pun akhirnya dapat menjalani debut pertandingan beberapa bulan kemudian.

Baca juga: Mampu Banting Mantan Pegulat WWE Dave Bautista, Iko Uwais Ungkap Tekniknya

"Awalnya selalu sulit bagi saya karena banyak orang mengatakan saya tidak bisa bergulat karena saya seorang Muslim dan saya mengenakan jilbab," katanya.

Tetapi Nor memilih terus melangkah maju. Dengan dukungan penuh dari keluarga, Nor akhirnya dapat menikmati kesuksesan terbesarnya sejauh ini pada awal Juli, dengan mengalahkan empat pegulat pria dan dinobatkan sebagai juara gulat Malaysia.

Halaman:
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com