Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump: Mata Uang Kripto Bukanlah Uang

Kompas.com - 12/07/2019, 15:48 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyampaikan ketidakpercayaannya terhadap mata uang kripto, Kamis (11/7/2019).

Trump juga menyatakan bahwa mata uang kripto bukanlah uang, memperingatkan pihak yang ingin bergabung dalam perdagangan untuk mematuhi peraturan perbankan.

"Saya bukan penggemar Bitcoin atau mata uang kripto lainnya, yang bukan uang, dan nilainya sangat fluktuaktif dan didasarkan pada sesuatu yang tidak terlihat," tulis Trump di Twitter.

Presiden berusia 73 tahun itu menambahkan, mata uang kripto yang bersifat elektronik membuatnya hampir tidak mungkin untuk dilacak dan dapat memfasilitasi aktivitas ilegal.

Baca juga: Amankah Investasi Mata Uang Kripto?

Mata uang kripto telah semakin berkembang sejak Bitcoin diluncurkan pada 2009. Belakangan, Facebook juga mengungkap rencana meluncurkan mata uang virtualnya sendiri, Libra, dan mengguncang regulator keuangan di seluruh dunia.

Dengan lebih dari dua miliar pengguna Facebook, mata uang kripto dari raksasa media sosial itu, yang dijadwalkan baru akan resmi diluncurkan pada 2020, telah memiliki banyak mitra dan diyakini akan dapat mengganggu dunia keuangan.

Trump juga menyebut Libra, mata uang kripto rilisan Facebook, memiliki kedudukan dan ketergantungan yang rendah.

Trump juga memperingatkan pada Facebook dan perusahaan lainnya apabila mereka akan meluncurkan mata uang kripto mereka sendiri maka harus mematuhi peraturan perbankan di Amerika dan dunia internasional.

"Kami hanya memiliki satu mata uang nyata di AS dan semakin kuat dari sebelumnya dan itu disebut dollar Amerika Serikat," twit Trump.

Kelompok kerja tingkat tinggi G7 diharapkan akan membuat laporan pendahuluan mengenai mata uang kripto yang didukung aset, pada pekan depan, menyusul pertemuan para menteri keuangan negara anggota di Perancis.

"Semakin kita, regulator internasional, menyelidiki proyek ini, semakin banyak pertanyaan serius yang muncul dan kemungkinan keberatan," ujar Francois Villeroy de Galhaut, kepala bank sentral Perancis.

Baca juga: Facebook Luncurkan Mata Uang Kripto Libra

Beberapa politisi Amerika juga menyerukan untuk pembekuan total proyek mata uang virtual Facebook.

Meski Facebook telah berjanji pihaknya bakal memberikan mata uang virtual yang stabil yang tinggal di ponsel dan dapat membawa lebih dari satu miliar orang tanpa rekening bank atau mereka yang menggunakan layanan di luar sistem perbankan, seperti pinjaman bayaran untuk memenuhi kebutuhan, ke dalam sistem keuangan.

Setiap ponsel dapat menjadi dompet digital untuk Libra dan dapat memperluas fungsi perbankan, layanan kartu kredit, dan perdagangan online di negara-negara berkembang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com