Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Sebut 3 Kapal Iran Berusaha Cegat Kapal Tanker di Perairan Teluk

Kompas.com - 11/07/2019, 14:45 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

LONDON, KOMPAS.com - Pemerintah Inggris mengungkapkan insiden yang dialami kapal tanker minyak miliknya saat berlayar di wilayah perairan Teluk pada Rabu (10/7/2019).

Dalam pernyataannya, Kamis (11/7/2019), pemerintah Inggris mengatakan sebuah kapal tanker minyak miliknya dihalangi oleh tiga kapal Iran saat hendak melalui Selat Hormuz.

Insiden tersebut memaksa kapal perang fregat milik Angkatan Laut Inggris, HMS Montrose, untuk bertindak dan mengusir kapal-kapal Iran.

"Bertentangan dengan hukum internasional, tiga kapal Iran berusaha menghalangi kapal komersial, British Heritage, untuk melalui Selat Hormuz," kata pemerintah Inggris dalam pernyataannya, dikutip AFP.

Baca juga: 5 Kapal Iran Diduga Coba Rebut Kapal Tanker Inggris di Selat Hormuz

"Kapal fregat HMS Montrose terpaksa harus diarahkan di antara kapal tanker British Heritage dan kapal-kapal Iran. Kemudian mengeluarkan peringatan lisan kepada kapal-kapal Iran sebelum mereka berbalik menjauh."

"Kami prihatin dengan tindakan ini dan terus mendesak kepada pemerintah Iran untuk menurunkan situasi ketegangan di kawasan itu," lanjut pernyataan itu.

Insiden yang melibatkan kapal tanker Inggris itu terjadi menyusul peringatan yang disampaikan Presiden Iran Hassan Rouhani, tentang konsekuensi yang tidak ditentukan atas penahanan salah satu kapal Iran di Gibraltar oleh Marinir Inggris.

Iran mengecam langkah penyitaan kapal tanker Grace 1 dan menyebutnya "penangkapan ilegal" yang dilakukan Inggris.

Pekan lalu, kapal Iran itu ditahan di Gibraltar, wilayah luar negeri Inggris di ujung selatan Spanyol, setelah diyakini mengirimkan minyak ke Suriah, yang berarti telah melanggar sanksi Eropa.

Sebelumnya, pejabat AS telah menyebut lima kapal Iran mencegat kapal tanker Inggris di perairan Teluk. Kapal-kapal tersebut diyakini merupakan milik Garda Revolusi Iran.

Sejumlah kapal tanker bermuatan minyak juga dilaporkan telah mendapat serangan saat berlayar di perairan dekat pantai selatan Iran pada Mei dan Juni lalu. Washington pun menuding Teheran, yang langsung dibantah.

Baca juga: Marinir Inggris Sita Kapal Tanker Super Miliknya, Iran Protes

AS melalui Jenderal Marinir Joseph Dunford, ketua kepala staf gabungan, telah meminta kepada negara-negara sekutu selama dua pekan ke depan untuk mengirimkan armadanya demi melindungi perairan yang strategis di Iran dan Yaman.

Kabar insiden di perairan Teluk itu menambah panjang ketegangan yang terjadi antara Iran dengan AS dan negara-negara sekutunya, yang terus meningkat setelah Washington kembali memberlakukan sanksi ekonomi terhadap Teheran, terutama dalam ekspor minyak Iran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com