Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korsel Beli F-35 AS, Korea Utara Terpaksa Kembangkan Senjata Khusus

Kompas.com - 11/07/2019, 12:11 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Reuters

PYONGYANG, KOMPAS.com - Langkah Korea Selatan yang membeli jet tempur siluman F-35 buatan Amerika Serikat disebut bakal mendorong Korea Utara untuk mengembangkan dan menguji persenjataan baru.

Pengembangan dan pengujian persenjataan khusus oleh Korea Utara itu terpaksa dilakukan untuk mengimbangi persenjataan baru yang dimiliki Seoul.

Otoritas Korea Selatan dianggap telah bertindak "tak tahu malu dan menyedihkan" karena menyerukan dengan lantang tentang rekonsiliasi dan kerja sama antara Utara dan Selatan, namun dengan tetap membeli lebih banyak persenjataan dari AS.

Pernyataan itu disampaikan seorang direktur penelitian kebijakan dari Institut Kajian Amerika di Kementerian Luar Negeri Korea Utara, yang tak disebutkan namanya, seperti dikutip kantor berita negara, KCNA.

Baca juga: 2025, AS dan Sekutunya Bakal Punya 200 Jet Tempur F-35 di Asia Pasifik

"Tidak diragukan lagi bahwa pengiriman F-35A, yang juga dijuluki senjata siluman mematikan itu bertujuan untuk mempertahankan supremasi militer atas negara-negara tetangganya di kawasan itu."

"Terutama untuk membuka 'gerbang' menyerang Utara saat terjadi situasi genting di Semenanjung Korea," tulis pernyataan itu.

"Sementara kami, pada bagiannya, tidak memiliki pilihan lain selain mengembangkan dan menguji persenjataan khusus yan dapat sepenuhnya menghancurkan persenjataan mematikan yang ditingkatkan di Korea Selatan," lanjut pernyataan, dikutip Reuters.

Korea Selatan telah menerima pengiriman pertama berupa dua unit jet tempur F-35 pada Maret lalu, dengan lebih banyak yang dijadwalkan akan tiba dalam tahun ini.

Korsel telah mencapai kesepakatan pembelian total 40 unit jet tempur canggih itu dari AS, yang pengirimannya dijadwalkan hingga tahun 2021.

Kritik Korea Utara atas akuisisi militer Korea Selatan sebagai tindakan berbahaya yang akan memancing reaksi dari Utara itu muncul di tengah hubungan antara dua Korea yang terhenti.

Baca juga: Maret, Dua Unit Jet Tempur F-35A Tiba di Korea Selatan

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in telah dikesampingkan dari pertemuan antara Pemimpin Korut Kim Jong Un dengan Presiden AS Donald Trump di wilayah perbatasan, zona demiliterisasi Korea, pada Juni lalu.

"Otoritas Korea Selatan sebaiknya segera menyadari sebelum terlambat dan menghapus ilusi tak masuk akal tentang kesempatan meningkatkan hubungan antar-Korea yang akan datang jika mereka mengikuti jejak AS," kata pernyataan pihak Korea Utara itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com