Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Lecehkan Anak-anak, Taipan Properti China Ditahan

Kompas.com - 11/07/2019, 11:05 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

SHANGHAI, KOMPAS.com - Seorang miliarder yang juga dikenal sebagai taipan properti China resmi ditahan setelah dituduh melakukan tindakan pelecehan terhadap anak-anak.

Kasus ini sempat memicu kemarahan publik setelah diduga adanya upaya untuk menutup-nutupi insiden tersebut.

Wang Zhenhua (57), ketua Seazen Holding, ditahan oleh kepolisian Shanghai, pada Rabu (10/7/2019), seperti dilaporkan media penyiaran pemerintah CCTV, yang merilis video penahanan Wang.

Penangkapan tersebut dilakukan setelah pihak kepolisian Shanghai mendapat persetujuan dari jaksa untuk menangkap seorang pria bermarga Wang, bersama seorang wanita bermarga Zhou.

Baca juga: Diduga Lecehkan Anak-anak, Dua Warga Perancis Ditangkap Polisi Nepal

"Kami tidak akan memberi toleransi terhadap kasus-kasus yang melibatkan kejahatan terhadap anak-anak di bawah umur dan bersikeras dalam menindak kejahatan semacam ini," tulis kepolisian Shanghai di Weibo.

"Kasus ini kini sedang dalam penyelidikan lebih lanjut," tambah pihak berwenang, dikutip AFP.

Laporan media China menyebutkan, pada pekan lalu, bahwa Zhou telah mengirim gadis berusia sembilan tahun kepada Wang, setelah membawanya ke taman hiburan Disneyland di Shanghai.

Gadis itu dibawa Zhou dari provinsi lain. Kemudian Wang diduga membayar Zhou.

Gadis kecil itu kemudian memberi tahu ibunya bahwa dirinya telah dilecehkan. Orangtua gadis itu pun melaporkan Wang dan Zhou kepada polisi.

Namun kasus ini sempat memancing kemarahan pengguna internet di China setelah seorang pejabat publik di Shanghai, diduga mengeluarkan instruksi kepada media untuk tidak memberitakan kasus ini.

Baca juga: Kalah Main Game, Anak Taipan Usia 14 Tahun Bunuh Temannya Pakai Pisau

Media di China menghadapi kontrol yang ketat dari pemerintah, yang secara rutin melakukan sensor dan penghapusan berita yang dianggap dapat mempermalukan pihak berwenang maupun tokoh-tokoh berpengaruh.

Seazen Holding dan sejumlah perusahaan lain yang dikendalikan oleh Wang bergerak dalam bisnis pengembangan dan manajemen properti.

Namun Seazen Holding dikabarkan telah menggantikan Wang dari posisi ketua perusahaan.

Menurut Bloomberg Billionaires Index, kekayaan Wang telah turun dari 6,6 miliar dollar AS (sekitar Rp 92 triliun) menjadi 4,5 miliar dollar AS (sekitar Rp 63 triliun) sejak Selasa (9/7/2019) lalu, setelah munculnya laporan dugaan pelecehan anak.

Baca juga: Taipan Teknologi India Serahkan Rp 106 Triliun untuk Amal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com